Lukisan dari Gambar Ular

5 Comments
Guido Mocafico, seorang seniman asal Italia, menggunakan salah satu makhluk paling ditakuti di muka bumi ini untuk menciptakan seni yang indah. Lebih dari 2700 spesies ular, hanya beberapa diantaranya yang berbahaya bagi manusia dan Guido menggunakan mereka dalam hasil karyanya untuk mengurangi ketakutan akan ular.


Lihat saja hasil karyanya ini yang merupakan gambar kumpulan ular-ular dari berbagai jenis dan warna. O, ya Anda bisa membelinya di Steidlville.com.


10 Bangunan Terbaik Dekade Ini

10 Comments
Sebentar lagi kita memasuki tahun 2010. Tidak terasa sudah satu dekade terlewati di era millenium ini. Dunia mencatat berbagai hal dalam kurun waktu tersebut, di antaranya dibangunnya bangunan-bangunan yang sensasional dan extraordinary dilihat dari dimensi maupun desainnya. Berikut ini adalah daftar 10 top buildings yang masuk di dalamnya.


1. Millennium Dome, London, Tahun 2000

Didesain oleh the Richard Rogers Partnership dan engineers Buro Happold, diameternya 365 meter dengan puncaknya mencapai 100 meter. Saat ini tenda raksasa seukuran titanic ini masih merupakan sesuatu yang sangat impresif dilihat dari desain dan dimensinya.




2. Blur, Expo 02, Yverdon-les-Bains, 2002

Pavilion sensasional ini didesain oleh arsitek-arsitek New York, Diller + Scofidio, dulunya merupakan bintang di acara Switzerland’s Expo 02. Layaknya ayunan kucing dari besi tensil, dengan tinggi 20 meter dan panjang 100 meter, mengumpul di ujung dermaga yang terbuat dari baja dan kaca di atas danau Neutchatel. Di dalamnya, 30 ribu water jet menciptakan kabut awan yang tidak pernah berhenti.



3. Serpentine Pavilion, London, 2002

Pavilion indah ini didesain oleh arsitek Toyo Ito dan engineer Cecil Balmond, dibangun sebagai acuan suatu arsitektur di masa depan, dimana batasan dinding-dinding, lantai, langit-langit, interior, dan eksteriornya seolah menyatu. Istilah jaman sekarang, canggih dan minimalis.



4. 30 St Mary Axe, London, 2003

Awalnya "ketimun" milik Norman Foster ini dikagumi sekaligus dicemooh. Kebanyakan terpesona oleh bangunan kantornya ini, meski beberapa lagi mengira itu mewakili ambisi berlebihan dari kotanya. Disini terdapat skygardens yang mempesona dan restoran ternama yang mendunia.



5. European Southern Observatory Hotel, Cerro Paranal, Chili, 2003

"Hotel" ini untuk para ahli astronomi yang bekerja di gurun Atacama, merupakan gabungan yang sempurna antara arsitektur dan landscpae, dari praktisi Munich, Auer dan Weber, serta engineer Mayr dan Ludescher. Geometrik dinding-dinding beton merah yang cantik membentuk halaman gaya biara dan pura, di belakangnya ruangan-ruangan yang berbaris banyak.



6. Beijing National Stadium, Beijing, 2008

Stadion berkapasitas 80 ribu tempat duduk ini didesain oleh arsitek-arsitek Swiss Herzog and de Meuron dan juga seniman Cina, Ai Weiwei, merupakan bangunan landmark bagi acara Olimpiade 2008. Terdiri dari dua bangunan utama, salah satunya berada di dalam lainnya: suatu mangkok beton raksasa berwarna merah untuk tempat duduk dikelilingi oleh "sarang burung" baja raksasa.



7. Stasiun Kereta St Pancras, London, 2007

Merupakan kebangkitan luar biasa dari ujung penghabisan rel jaman Victorian Gothic, saat ini merupakan salah satu stasiun terbesar di dunia. Alastair lansley memimpin timnya selama lebih dari satu dekade, merubah gaya arsitektur abad 19 dan menjadikannya rumah bagi kereta-kereta cepat abad 21. Di sini juga terdapat hotel dan flat penthouse bagi yang ingin bermalam.



8. Le Viaduc de Millau, Aveyron, 2004

Jembatan yang indah dan mengagumkan ini melewati Lembah tarn di selatan Perancis. Didesain oleh engineer Michel Virlogeux dan Norman Foster, jembatan Viaduc de Millau ini paling indah dilihat dari puncak sisi lembahnya, terutama saat ujung-ujung tiang jembatannya muncul di antara awan-awan di musim panas. (Baca selengkapnya di sini)




9. Neues Museum, Berlin, 2009

Setelah 10 tahun rekonstruksi yang melelahkan, bangunan budaya abad 19 yang ditutup tahun 1939 ini kembali dibuka dan menjadi populer. Didesain ulang secara kompleks dan inteligent oleh arsitek Inggris David Chipperfield, yang tidak menghilangkan nuansa bangunan klasiknya meski harus disesuaikan perkembangan teknologi saat ini.


10. Burj Dubai, Bangunan Tertinggi di Dunia, Segera Diresmikan

Tingginya yang menjulang ke langit hingga 818 meter, ekuivalen dengan bangunan Empire State Building plus Chrysler Building di atasnya. Didesain oleh Adrian Smith da Bill Baker dari Chicago, al-Burj memiliki 160 lantai kamar hotel, apartemen gaya Armani dan perkantoran.




Rumah Bawah Tanah Moderen

11 Comments
Tinggal di bawah tanah kedengarannya memang aneh. Kalaupun dibayangkan, biasanya akan terpikir lokasi yg mirip goa, ruang-ruang yang sempit, dengan pencahayaan yang kurang. Padahal jika dirancang dengan baik, segala kebaikan dan keuntungan rumah biasa dan moderen di atas tanah juga bisa didapatkan pada sebuah tempat tinggal yang hampir seluruhnya tertutup di bawah permukaan bumi.

Ikan-ikan Hiu Ganas di Lautan

29 Comments
Di dunia hewan makhluk ini sempurna, tak kenal belas kasihan, dan selalu lapar. Mereka tidak pernah tidur dan menjelajahi lautan layaknya torpedo bertenaga nuklir. Penampakannya menakutkan semua orang, meski beberapa di antaranya bisa muncul dan menyerang tanpa diduga-duga sebelumnya.

Jamur-jamur Raksasa

8 Comments
Jamur-jamur ini lain daripada yang lain. Ukurannya sangat luar biasa - bisa sebesar payung di kala turun hujan. Bisa jadi karena jenis jamurnya yang unik atau hanya beruntung tumbuh di lahan yang kondisinya mendukung untuk bisa tumbuh menjadi jamur raksasa.




Orang-orang Meksiko sepertinya punya rahasia khusus memelihara jamur raksasa, atau mungkin hanya karena kondisi lahan tumbuhnya yang bagus, atau hanya keberuntungan saja mendapatkan jamur supergede ini. Jamur ini ditemukan di sebuah kebun kopi di Chiapas, Meksiko pada bulan Juni 2007. Panjangnya 2 kaki dengan berat 44 ponds, ini lebih gede dari seorang anak laki-laki.


Seorang ahli bilogi Meksiko Rene Andrade mengambil gambar ini di sebuah kebun kopi di Meksiko juga. Hal ini membuat entusias-entusias asal Czech Republic melakukan ekspedisi ke negara bagian Amerika Tengah ini untuk melakukan penelitian.



Di bawah ini ada gambar menarik yang menampilkan jamur Mycena chlorophanos yang tumbuh di sebuah pohon.
Jamur-jamurnya seperti memanjat ke atas pohon hingga puncaknya dan ternyata jamur-jamur ini seperti bercahaya. Cahaya itu disebabkan oleh reaksi biokimia yang sama yang terjadi pada bakteri, ikan, dan lalat api. Biasanya ditemukan di hutan-hutan hujan Australia.

Sayang, belum diketahui apakah jamur-jamur raksasa dan unik ini juga ada di Indonesia. Penulis yakin ada, hanya saja belum terdokumentasi dengan baik, apalagi di Indonesia hutan tropisnya sangat luas dan diakui dunia keanekaragaman hayatinya.

Mobil-mobil Kayu

5 Comments
Mobil jaman sekarang terbuat dari bahan-bahan metal, plat, besi, atau fiber carbon pada mobil-mobil supercar. Tapi ada beberapa orang yang membuatnya lain dari pada yang lain. Berfungsi seperti layaknya mobil biasa, tapi seluruh bodinya terbuat kayu. Mau liat?



Maniwa buatan Jepang
Maniwa merupakan mobil buatan tangan dari perajin kayu, untuk perusahaan asal Jepang Sada-Kenbi. Yang perlu dicatat, Maniwa bisa dikendarai layaknya mobil biasa dan dapat melaju hingga kecepatan 80 km/jam. Memiliki handlebar dari sepeda motor - bukan setir mobil -, stereo set, dan pintu kayu Lamboo yang keren.
Mobil kayu sport ini hanya punya satu tempat duduk di depan, tapi bisa memuat dua penumpang di bangku kayu belakangnya. Kalo pengen memilikinya harganya dipatok $40.000 dollar.



Mobil Kayu dari Ukraina
Vasily Lazarenko ingin membuat sesuatu yang lain daripada yang lain saat pertama kali memikirkan bagian-bagian part mobil dan usahanya nampaknya berhasil.

Di kota tempat tinggalnya di Chernovtsny, Ukraine, Vasily membutuhkan waktu satu setengah tahun untuk menyatukan sebuah kendaraan unik, convertable, luxurious saloon dan membungkus semuanya dengan kayu ek (oak). Katanya, dia mau menjual mobilnya itu jika sang pembeli sanggup menawarnya sebesar biaya proyek kreatif selanjutnya yang lain. Berapa yah?



Bonus: BatLimo di Jalanan New York



Artikel Terkait:

>> Konsep Motor di Masa Depan
>> Kendaraan Khayalan di Masa Depan
>> Penerbangan Masa Depan
>> Sepeda Masa Depan
>> Mobile Homes
>> Kendaraan Unik dan Canggih
>>Mobil-mobil Termahal di Dunia
>>Mobil-mobil Terjelek di Dunia
>>Mobil-mobil Polisi Paling Eksotis di Dunia