Ekranoplan, Pesawat Ground Effect Asal Rusia (2)

Masih ingat postingan sebelumnya mengenai Ekranoplans, pesawat berteknologi ground effect asal Rusia dari era Perang Dingin ? Berikut ini adalah lanjutannya, cerita mengenai sosok monster yang pernah menjadi momok menakutkan di lautan, yang saat inipun ternyata masih digunakan oleh kementrian penanggulangan bencana dan situasi darurat Rusia.
Ini dalah gambar-gambar seperti apa Ekranoplans jika dipersenjatai lengkap:




Di bawah ini memperlihatkan perbandingan seluruh model Ekranoplans:



Yang ini adalah gambaran futuristik bagaimana sosok Ekranoplans di masa depan sebagai wahana raksasa berpenumpang:




Ekranoplan "Orlyonok"- Dari Dalam

Sekelompok orang dari Avia Gorizont mencoba mengeksplorasi dalamnya salah satu jenis ekranoplan utama yang dibuat untuk keperluan kargo militer yang menurut beberapa kesaksian hingga saat ini masih digunakan oleh kementrian Ministry of Emergency Situations of Russia.


Ekranoplan "Orlyonok" (kiri) dan pesawat konsep "Astrakhan" (kanan), gambar via source.

Ini adalah pemandangan di dalam pesawat dengan ruang kargo yang besar dan interior tipikal militer Soviet:








Mesin Ajaib Beriev: Konsep Ekranoplan Kelas Berat

Be-2500 adalah konsep ekranoplan berat yang desainnya sangat menakjubkan - seperti penempatan permukaan-permukaan sayap dan mesin-mesin yang acak, keliatan aneh seperti model lainnya yang dikeluarkan oleh Biro Desain Beriev.




Nomor model "2500" merujuk pada berat wahana terbang ini yang mencapai 2500 ton! Diperkuat oleh enam mesin dan mampu menyeberangi samudera Atlantik atau Pasifik dengan sebuah kecepatan "wing-in-ground" hingga 450 km/jam.




gambar-gambar via source.

Yang satu ini juga aneh, model Bartini Beriev, VVA-14, yang dapat ditemukan di lapangan terbang Rusia di Monino meski keadannya sangat memprihatinkan, tapi cukup indah sebagai objek stok fotografi dan bagi pecinta sejarah penerbangan.





Anda bisa menemukan gambar-gambar lainnya di sini.
VVA-14 menggunakan efek "Wing-in-Ground (WIG)" saat take-off, jadi bukan merupakan ekranoplan sejati melainkan "ekrano-plane". Pesawat ini diproduksi untuk Militer Soviet dan disebut-sebut ditargetkan untuk menghancurkan kapal selam bermisil Amerika Serikat, US Navy Polaris (info).

Ekranoplan + Pesawat Luar Angkasa

Konsep ini dibuat dengan harapan bahwa nantinya lautan akan digunakan sebagai lokasi lepas landas pesawat luar angkasa. Proyek "Sea-Launch" ini mempunyai fasilitas lepas landas vertikal, sementara untuk lepas landas dan landing horisontal, insinyur-insinyur Rusia mengusulkan menggnakan suatu armada ekranoplan berat:




Yang ini juga merupakan konsep hebat sistem lepas landas:



Kreasi-kreasi "Wing-in-Ground" Bersayap

Beberapa variasi efek "wing-in-ground" kadang-kadang menghasilkan sesuatu yang aneh dan bikin penasaran. Perhatikan "Water-WIng" ini:


Variasi streamlined lainnya, Seagull Boat, 1933:


Ekranoplan yang kompak dan praktis: LippischX-114 buatan Jerman tahun 1977:





Mungkin konsep-konsep dari ekranoplans saat ini sudah tidak dikembangkan lagi, tapi sejarah pernah mencatat pesawat jenis ini pernah ada dan sebenarnya mempunyai potensi besar sebagai alat angkut berkapasitas besar di masa depan.

Baca juga juga postingan bagian 1 mengenai Ekranoplans ini di sini:
>> Ekranoplans, pesawat berteknologi ground effect asal Rusia.

Bagikan/share artikel ini:

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
June 18, 2014 at 12:34 AM delete

waw... keren juga tu bisa beroperasi di laut dan udara.. jadi kan gx perlu pake lintasan yang keras seperti aspal.. hehehe

Reply
avatar