Desain Arsitektur Masa Depan

6 Comments
Seperti apa desain arsitektur untuk masa depan? Perkembangan perkotaan yang semakin semrawut membuat para arsitek dunia mulai memikirkan untuk menciptakan bangunan-bangunan yang mampu mengatasi keterbatasan ruang, sumber energi, sumber makanan dan air bersih, dan juga kebutuhan masyarakat kota akan tempat beristirahat dan rekreasi yang nyaman.

Manusia-manusia Tercepat di Dunia

6 Comments
Siapa manusia tercepat di dunia? Kalau Anda jawab dia Usain Bolt, tidak salah. Di lintasan 100 meter dialah yang tercepat di muka bumi. Saat ini pesaing-pesaingnya ibarat jogging dan selalu finish jauh di belakangnya. Tapi gelar tercepat di dunia bukan saja milik Usain Bolt. Beberapa orang juga mencatatkan dirinya sebagai yang tercepat di dunia juga.



Manusia Tercepat di Dunia (di Lintas 100 Meter)


Usain Bolt, pelari asal Jamaika, merupakan pemegang rekor manusia tercepat di dunia di lintas balap 100 meter (dan 200 meter). Di lintasan 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik di Berlin Agustus 2009 baru-baru ini Bolt memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan waktu 9,58 detik. Catatan waktu ini lebih cepat 0,11 detik dari rekor lamanya yang dicetak tahun lalu di olimpiade Beijing. Rival beratnya asal AS, Gay, yang hanya memecahkan rekor Amerika masih seperti jogging di belakang Bolt dan finish di tempat kedua beberapa line di belakang Bolt. Sepertinya saat ini pesaing Bolt hanyalah jam penunjuk waktu saja.

Petembak Tercepat di Dunia - Revolver 5 Tembakan dalam 0,57 Detik

Bisa jadi inilah koboi paling gila di barat sana. Jerry Miculek adalah seorang instruktur tembak cepat yang berpengalaman di hampir semua jenis senjata api. Dia tercatat sebagai petembak revolver tercepat di dunia dalam waktu 0,57 detik. Saat ini Miculek memegang 5 rekor dunia dalam ekshibisi menembak revolver. Istrinya Kay Clark Miculek adalah seorang petembak juga dan merupakan juara nasional dan menjuarai beberapa kejuaraan dunia. Lihat video YouTube atraksinya di bawah ini:



Tangan Tercepat di Dunia - 6,21 Detik



Steven Purugganan adalah pemegang rekor dunia menumpuk dan memindahkan gelas dalam waktu 6,21 detik yang menunjukkan betapa cepatnya tangannya. Lihat video luar biasa dari seorang anak berumur 10 tahun di bawah ini:



Pemecah Kubus Rubik Tercepat - 12,34 Detik


Pemecah kubus Rubik tercepat di dunia saat ini adalah "Macky" Makisumi. Dialah yang terbaik dalam beberapa pemecahan rekor dunia speedcubing. Rekornya di 2x2x2 Speedsolve adalah 2,82 detik dan di 3x3x3 dalam 12,11 detik! Perhatikan video atraksinya di bwah ini:



Sekretaris Tercepat di Dunia - 100 Stamps dalam 20 Detik


Inilah sekretaris tercepat di dunia yang mampu men-stamp dokumen lebih cepat dari siapapun di dunia. Dia melakukannya untuk 100 dokumen dalam 20 detik. Mirip robot dan o,ya dia orang Jepang. Lihat video atraksinya ini:



Tercepat Membuka Tutup Botol - 300 Botol dalam 1 Menit 47 Detik


Waktu tercepat membuka 300 tutup botol bir dilakukan satu tim yang terdiri dari 3 orang dengan waktu 1 menit 47 detik. Tim ini dikepalai Alois Unertl. Untuk gaya relay, tip anggota tim membuka 100 botol, dan setelah selesai anggota berikutnya mulai membuka tutup botol lagi. Lihat video atraksinya di bawah ini:



Pelempar Pisau tercepat - 3 Pisau dalam 0,97 Detik

David R. Adamovich, dikenal sebagai "The Great Throwdini" adalah pelempar pisau tercepat. Dialah pencetak dan pemecah rekor-rekor baru di dunia lebih dari pelempar-pelempar pisau yang lain. Saat ini dia memegang rekor dunia untuk pelempar pisau tercepat, melempar dan menangkap pisau, pelempar pisau di sekeliling target orang tercepat, dan pelempar pisau tercepat di atas ladder of death ganda. Pria ini tercatat menancapkan 3 pisau kurang dari 1 detik (0,97 detik) dan direkam di video kecepatan tinggi. Untuk melempar pisau di sekeliling target orang, rekornya adalah 144 lemparan dalam 1 menit. Untuk melempar pisau di atas ladder of death ganda dia mencatat 16 pisau dalam 6,1 detik atau 0,38 detik per pisau. Lihat videonya berikut ini:



Tercepat di Dunia untuk Bertepuk Tangan - 14 Tepuk Tangan per Detik

Kent French, punya teknik sendiri dalam bertepuk tangan dengan mengkombinasikan gaya uniknya sendiri dengan tangkas dan dengan daya tahan. Dia mencetak rekor tepuk tangan terbanyak dalam satu menit - yaitu sebanyak 721 kali tepuk tangan! Lihat videonya ini:



Reload Senjata Tercepat


Travis Tomasie tercatat sebagai salah satu reloader (isi ulang peluru) senjata tercepat. Tidak ada catatan seberapa cepatnya, tapi perhatikan videonya di bawah ini:



Peminum Tercepat di Dunia - 1,5 Liter dalam 4,88 detik


Pria ini minum air sebanyak 1,5 liter dalam 4,88 detik! Entah siapa ini, dimana, tapi kayaknya orang Jepang. Lihat video luar biasanya ini:



"Copet" Tangan Tercepat di Dunia


"Copet" yang satu ini tangannya sangat cepat. Bob Arno sering tampil di acara-acara televisi Amerika untuk keahliannya itu. Di acara Late Night with David Letterman (Desember 1983) dia mencuri dasi dan jam kesayangan Letterman . Pernah juga tampil di Just for Laugh-nya HBO tahun 1989 dan beberapa kali di acara 20/20 di stasiun ABC. Di Acara ini dia menunjukkan keahliannya dengan mencopet di jalanan. Lihat video ini:



Manusia-manusia Tertua Pencetak Rekor Dunia

1 Comment
Tua-tua keladi, mungkin julukan ini tepat untuk beberapa manusia langka ini. Di usianya yang kalau orang biasa sudah tidak mampu berbuat apa-apa atau bahkan hanya berdiam diri di panti jompo, mereka justru mencetak prestasi luar biasa. Aya-aya wae...



71 Tahun - Pendaki Mt Everest Tertua


Manusia tertua - laik-laki - yang pernah mendaki puncak Everest adalah orang Jepang bernama Katsusuke Yanagisawa (lahir 20 Maret 1936), seorang guru, yang memanjat bagian utara dari puncak tertinggi dunia itu bersama tim Himex pada tanggal 22 Mei 2007 dalam usianya ke 71 tahun 63 hari.

100 Tahun - Peterjun Tandem Wanita Tertua


Estrid Geertsen, wanita berkebangsaan Denmark (lahir 1 Agustus 1904), membuat rekor terjun tandem pada tanggal 30 September 2004 dari ketinggian 4000 meter di atas kota Roskilde, Denmark, pada usianya yang ke 100 tahun 60 hari.


98 Tahun - Manusia Tertua (Pria) yang Menyelesaikan Lari Maraton


Manusia tertua yang berhasil menyelesaikan lomba lari maraton sejauh 26 mil (42 km) adalah pelari Yunani bernama Dimitrion Yordanidis. Jarak sejauh itu diselesaikannya dalam waktu 7 jam 33 menit pada perlombaan lari maraton di Athena, Yunani pada tanggal 10 Oktober 1976 saat dia berusia 98 tahun.

71 tahun - Ballerina Tertua


Charin Yuthasastrkosol, wanita berkewarganegaraan Amerika yang lahir di Thailand 30 Desember 1930, mulai belajar ballet baru pada usia 47 tahun. Setelah itu dia rutin melakukan pertunjukan ballet dan yang terakhir dilakukannya di depan duta besar Thailand untuk Amerika Sakthip Krairikish di Albuquerque, New Mexico, USA pada tanggal 21 Juli 2002 saat usianya menginjak 71 hari 203 hari.


66 Tahun - Peski Tertua di Dua Kutub


Peski tertua di dunia baik di kutub utara dan selatan adalah laki-laki berkebangsaan Jerman Norbert H. Kern (lahir 26 Juli 1940) yang melakukan olahraga ski di kutub selatan pada tanggal 18 Januari 2007 dan kutub utara tanggal 27 April 2007 saat usianya mencapai 66 tahun 275 hari.


66 Tahun - Perempuan Melahirkan Tertua


Ibu tertua di dunia adalah Maria del Carmen Bousada Lara, asal Spanyol yang lahir pada tanggal 5 Januari 1940, yang melahirkan bayi melalui operasi caesar pada saat usianya telah mencapai 66 tahun 358 hari. Tidak tanggung-tanggung Nenek ini melahirkan bayi kembar, Christian dan Pau, di rumah sakit Sant Pau, Spanyol pada tanggal 29 Desember 2006. Inilah akibatnya jika kakek lupa pake sarung, hehe.


746 Tahun - Kombinasi Paduan Suara (Koor) Tertua


Kombinasi umur 10 penari dari tur koor kelompok Tivoli Lovelies (Australia), asal Melbourne, Victoria, Australia ini berjumlah 746 tahun 147 hari saat mereka tampil di pada tanggal 12 Oktober 2004.

Olahraga-olahraga Aneh di Dunia

18 Comments
Olahraga-olahraga ini memang aneh. Entah apa termasuk dalam jenis olahraga apa bukan tapi mereka menyebutnya demikian. Dari yang jumpalitan di kaki bukit sampai melempar ponsel sejauh-jauhnya. Ada yang sudah dilarang karena membahayakan pesertanya dan ada juga olahraga yang hanya biasa diadakan oleh musuh besar Amerika, yaitu Taliban.



AirKicking

Ketapel manusia ini melemparkan orang hingga lebih dari 8 meter masuk ke kolam renang atau matras bantalan.
Cara kerja AirKicks ini mendorong pesertanya terbang secara parabol (yang sudah diperhitungkan sebelumnya) menggunakan kombinasi khusus tekanan udara dan teknologi semburan air. Pesertanya duduk di sebuh kursi yang didesain khusus pada bagian belakang lengan ketapel dan 1,2,3... wuuush! Semuanya sudah diset dengan menekan sebuah tombol saja. Kira-kira 60 liter air disemburkan melalui sebuah nozzle roket dibawah kursi. Air yang diberi tekanan (8 hingga 10 bar tekanan udara) melemparkan pesertanya 8 meter ke udara untuk kemudian tercebur ke dalam kolam renang yang dingin dan tentu saja menyegarkan.

Lempar Tuna


Festival Tunarama ini katanya diselenggarakan tiap tahun di Port Lincoln, Australia Selatan. Meski festival ini sudah punya atraksi-atraksi seperti kompetisi kepleset dan juga balap unta, tapi kompetisi melempar tuna ini adalah yang paling menarik. Untuk memenangkan grand prize $7.000, para kontestannya harus melepaskan seekor tuna dewasa seperti melempar sebuah palu. O, ya ikan tuna yang digunakan di sini adalah ikan tuna yang sudah busuk.

Lempar Orang Cebol


"Olahraga" ini aslinya dari Australia di tahun 80-an. Sebuah atraksi dimana para orang cebol yang menggunakan pakaian khusus akan dilempar ke arah suatu matras dimana pemenangnya adalah yang melempar paling jauh. Olahraga ini kemudian dianggap terlalu ofensif dan melecehkan orang cebol dan sempat dilarang. Pendukung olahraga ini sempat pula memprotes kebijakan larangan itu karena menganggapnya justru menghalangi rezeki orang cebol setempat.

Cheese Rolling (Guling Keju)


Sebenarnya olahraga ini sederhana - menggelindingkan sebuah roda berisi keju ke arah kaki bukit dan orang-orang berusaha meraihnya. Resminya atraksi ini bertempat di Gloucestershire di bukit Cooper, sebuah lereng yang cukup curam. Tidak heran yang ikut kebanyakan adalah para pemabuk, yang akhirnya mengakibatkan banyak yang cedera karena meluncur ke bawah kaki bukit yang curam. Pada suatu tahun, dua pertiga kontestan cedera dan tahun 1998, polisi menghentikannya karena alasan keselamatan. Cheese rolling memiliki sejarah yang panjang, mengkombinasikan berebut makanan yang tidak masuk akal (mereka memperebutkan sedikit keju yang ditaruh ke dalam sebuah roda kayu) dan melawan larangan dari pemerintah setempat karena resiko cedera kepala dan patah kaki yang serius.

Memanggul Istri


Seperti namanya, seorang suami harus memanggul istrinya melewati berbagai medan termasuk lumpur, air, dan halangan-halangan lainnya. Hadiah bagi pemenangnya adalah bir sebanyak berat istrinya. Olahraga ini berasal dari Finlandia dan terinspirasi dari cerita-cerita sejarah. Suatu legenda di abad 19 menyebutkan bahwa pernah orang-orang mencuri para istri dari desa-desa tetangganya. Ada juga yang menyebutkan untuk membentuk prajurit handal dulu pembuktiannya adalah dengan memmanggul karung-karung yang berat.

Melempar Ponsel


Melempar ponsel adalah sebuah olahraga internasional yang dimulai di Finlandia tahun 2000. Penilaian dilakukan berdasarkan jarak terjauh dan teknik melemparkannya.
Ada 4 kategori dalam olahraga abeh ini:
Original: melempar "diatas pundak" dengan yang terjauh sebagai pemenangnya (best of three).
Gaya Bebas: pesertanya memperoleh poin untuk bagaimana cara melemparnya, estetikanya dan gaya kreatifnya.
Team original: Setiap tim dengan 3 peserta masing-masing melempar bersama dan penilaiannya digabung.
Junior: yang ini untuk anak-anak hingga umur 12 tahun.
Ponsel yang digunakan bisa bermacam-macam, apa saja asal beratnya lebih dari 220 gram. Tapi ada juga yang mensyaratkan model ponsel tertentu. Gak sayang apa ya, ponsel-ponsel dibuang kayak gitu? Tapi maklum ajalah, pabrik Nokia kan ada di situ. Hehehe.

Buzkashi


Buzkashi adalah olahraga nasional Afganistan, mirip polo, kecuali dimainkan dengan bangkai seekor anak sapi. Anak sapi atau kambing- jika tidak ada anak sapi, dipenggal lehernya dan ditempatkan di suatu lubang di tanah. Para penunggang kuda itu akan berlomba memeperebutkannya, berkuda di sekitar dua tanda dan mengembalikannya ke dalam "lingkaran keadilan". Pemenangnya adalah yang berhasil memasukkan anak sapi itu ke dalam lingkaran itu, meski akhirnya para penunggang kuda itu keluar dari dua tanda tadi sehingga olahraga ini seperti tidak ada batasnya sampai berakhir. Olahraga ini hingga kini masih populer di Afganistan (kabarnya Taliban juga mengadakannya meski tidak sering) dan dikatakan merupakan cerminan spirit orang Afganistan juga.

9 Peristiwa yang Mengiringi Proklamasi Kemerdekaan RI

10 Comments
Hari ini 17 Agustus, puluhan tahun silam tahun sudah bangsa ini merdeka. Tidak ada salahnya kita kenang kembali peristiwa yg mengiringi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Biar nggak pada lupa sama sejarah bangsanya sendiri.

Bentuk Buah-buahan yang Unik

15 Comments
Meski satu pohon, buah-buahan atau ubi-ubian hampir tidak pernah berbentuk identik 100%. Ada yg bulet, lonjong, tidak beraturan, dll. Malahan kadang-kadang bentuknya juga bisa bikin tersenyum. (Warning! Gambar-gambar berikut ini mungkin tidak berkenan untuk sebagian orang)



Ini buah apa, trus bentuknya kayak apa, silahkan pikir sendiri...




















Tempat Tidur High-Tech

2 Comments
Jika Anda mengira tempat tidur dibuat hanya untuk tidur, pikirkan lagi - atau setidaknya cobalah tidur di tempat tidur yang satu ini. Tempat tidur futuristis yang didesain oleh HiCan ini demikian canggih, seperti tempat tidur virtual all-in-one. Nyaman dan private untuk membaca, relaks, tidur atau terjaga dengan hiburan lengkap.






Sebuah layar theater bisa ditarik di bagian kaki tempat tidur untuk menikmati televisi atau film dari DVD. Komputer (PC) yang terhubung ke internet memastikan Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dan tetap berhubungan dengan teman-teman Anda. Konsol game juga tersedia built-in di sini. Lampu baca dan lampu redup untuk tidur juga sudah terintegrasi, tinggal pencet remote.



Tempat tidur ini cocok ditempatkan di apartemen dengan luas yang terbatas sehingga dibutuhkan gadget-gadget yang praktis dan kompak yang tidak terlalu memakan tempat.


Tempat tidur HiCan ini pertama kali ditampilkan di gelaran Well Tech Village di Milan dan Milan Design Week 2009, dan saat ini sudah bisa dipesan untuk diboyong ke apartemen Anda.



Lihat Videonya dibawah ini (YouTube) :


Sayang, ini tempat tidur harganya selangit, $59.000 dollar (hampir 600 juta rupiah) hanya untuk sebuah tempat tidur, belum termasuk furniture kamar tidur lainnya, tapi itu juga belum termasuk termasuk shipping plus biaya instalasi. Berminat?