Kalkulator Klasik Full Mekanis

Masih ingat waktu jadi mahasiswa dulu pakai kalkulator "scientific" ? Waktu bikin tugas fisika, kalkulus, atau waktu praktikum di lab, kalkulator sangat dibutuhkan (maklum, dulu Tukul belum ngetop, jadi blon ada yang pake laptop). Sudah pernah lihat kalkulator jaman mbah buyut kita dulu? Dulu belum ada yang namanya IC atau baterai jam mungil, atau solar cell, seperti sekarang yang mentenagai kalkulator modern. Inilah "Curta", salah satu model kalkulator mekanis legendaris yang diburu oleh para kolektor.



Selama bertahun-tahun kalkulator Curta telah menjadi pujaan diantara para kolektor. Sebagai hasil rekayasa mekanikal alat ini sangat menakjubkan dan proses penciptaanya merupakan suatu kerumitan yang sungguh luar biasa.


- Seluruhnya digerakkan secara mekanis, tidak ada listrik atau baterai
- Didesain oleh Curt Herzstark tahun 1938 dan disempurnakannya di dalam kamp konsentrasi.
- Diakui sebagai kalkulator portabel paling efisien (hingga munculnya kalkulator elektronik tahun 70-an)
- Diakui sebagai hasil seni rekayasa yang menakjubkan



Cukup putar engkolnya dan Anda akan mendengarkan "alunan musik" yang anggun seperti mencoba memenuhi permintaan Anda. Tidak ada listrik, baterai, kabel-kabel. Yang ada hanya roda-roda gigi mini dan part-part lainnya. Sangat menyenangkan jika mencoba mempretelinya kemudian menyusunnya kembali.



Jika ingin bongkar pasang sangat banyak part yang harus dipreteli dan ketika dipasang lagi harus dengan hati-hati. Lihat part-part apa saja yang menyusun mesin penghitung ini (klik untuk memperbesar gambar):


Part-part ini masih dapat dibeli di sini

Disempurnakan di Kamp Konsentrasi sebagai Tawanan NAZI

Ada cerita menarik dibalik alat ini. Penemunya sebenarnya adalah seorang tawanan kamp konsentrasi NAZI Jerman, namun oleh kepala penjaranya orang ini dipelihara dan diminta untuk terus mengembangkan mesin hitung ini - sekaligus menyelamatkan nyawanya. Alat ini sendiri juga digunakan sebagai "senjata mesin hitung" oleh para insinyur NAZI saat itu.

"Herzstark adalah seorang tawanan di Buchenwald tapi kepala penjara tertarik dengan kerjanya dan memintanya untuk terus membuatnya. Mereka ingin mempersembahkan penemuan itu untuk sang Fuehrer - Hitler ! - sebagai hadiah kemenangan jika perang berakhir nanti. Pada Herzstark diberikan sebuah meja gambar dan dia mulai mengerjakannya siang malam. Camp tersebut dibebaskan oleh Amerika tahun 1945 dan sang penemu selamat sekaligus menyelesaikan konsep revolusionernya untuk kalkulator (mekanis) mini." (Source by Bruce Flamm)



Mesin ini bahkan pernah tercantum dalam perangko keluaran Liechtenstein.



Menyusun Kembali 605 Part Mesin Ini

Sepertinya diperlukan kehati-hatian ekstra tinggi dan ketenangan hati untuk menyusun kembali mesin ini. Seperti belajar dari prajurit waktu sedang membersihkan senjatanya, ritual yang diulang-ulang dengan hati-hati agar senjatanya tidak meletus ketika dibersihkan. Di bawah ini adalah gambar-gambar dari sebagian prosesnya:

Memang tidak serumit mesin waktu Large Hadron Collider, tapi cukup mendekati. Ulasan lengkapnya lihat di sini.

Benda ini Bahkan Bisa Menghitung Akar Kuadrat !

Mau main-main dengan alat ini ? Lihat di halaman simulator ini. Tersedia juga manual online di sini. Kalo masih belum ngeuh juga lihat video ini saja:



"The Iron Felix", Stalin-era Calculator

Lihat juga mesin arithmometer model Rusia ini. Diberi nama "Felix" (dari Felix Dzerzhiski, pendiri KGB-Soviet), dibuat berbasis dari mesin buatan pabrik mesin St.Petersburg's Odner-Hill (di gambar bawahnya). Untuk info lebih lanjut dari mesin hitung yang lebih tua ini klik di sini.



Mesin sejenis pertama dibuat tahun 1931 dan menjadikan Soviet penuh birokrasi dan mesin teror dengan menghitung segala sesuatunya, termasuk dalam memfasilitasi operasi-operasi GULAG. Jadinya memang layak dijuluki "The Iron Felix" - mekanisme yang berat dan menakutkan:



The original pre-Revolution Odner:






lowongan kerja di rumah
lowongan kerja di rumahlowongan kerja di rumah


Bagikan/share artikel ini:

Related Posts

Previous
Next Post »