Mesin Waktu: Perjalanan Melewati Waktu (Time Travel)

Pernah dengar "traversable wormholes" atau "lorong waktu" ? Atau pernah lihat film-film fiksi ilmiah yang menggambarkan tokoh-tokohnya yang bisa melompat ke masa lalu atau bahkan ke masa depan ? Nah, secara teori, hal itu bisa menjadi kenyataan, setidaknya berlandaskan pada teori relativitasnya Einstein. Praktisnya, mungkin tidak lama lagi kita akan melihat mesin akselerator partikel paling powerful di dunia - melepaskan energi besar, mampu mendistorsi tidak hanya ruang (seperti halnya distorsi gravitasi di tempat-tempat di bumi), tapi juga WAKTU !.


Inliah mesin "Large Hadron Collider (LHC)" milik CERN yang saat ini dianggap sebagai mesin waktu paling pertama dibuat dalam sejarah umat manusia.


Menurut penelitian yg dipublikasikan oleh Irina Arefieva dan Igor Volovich,"Dalam relativitas umum, waktu digambarkan dalam kurva ruang-waktu berawal dari masa lalu ke masa depan. Tetapi adakalanya kurva tersebut akan berpotongan, seperti kurva tertutup, yang diinterpretasikan sebagai sebuah mesin waktu - sekaligus memunculkan kemungkinan perjalanan waktu (time travel).



Dua proton ditembakkan dalam arah yang berlawanan dan bertubrukan di 4 titik sepanjang lintasannya - meniru kondisi "Big Bang" dari "plasma kosmik". Plasma kosmik adalah keadaan hampir cair yg masih merupakan misteri, yang terbentuk sebelum partikel-partikel itu dingin agar terbentuk atom bersama-sama. LHC akan memaksa partikel-partikel ini lepas dari ikatannya, menjadi substansi dari zat yang terurai - untuk menciptakan "plasma kosmik" yang asli, dan merekonstruksi kondisi Big Bang (mudah-mudahan saja untuk skala kecil).



Inilah beberapa fakta mengenai project ini:
- Akan memakan waktu 20 tahun dan sampai sekarang masih berjalan
- Satu tim yang terdiri dari 7000 fisikawan yang berasal dari lebih 80 negara
- Dengan lintasan lingkaran 27 kilometer, 175 meter di bawah tanah
- Memfasilitasi proses tubrukan antar proton, dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.
- Terowongannya cukup besar untuk dilewati kereta api
- Menciptakan keadaan temperatur hingga 1 juta kali lebih panas dari inti matahri
- Magnet-magnet superkonduktor yang didinginkan pada temperatur lebih dingin dari luar angkasa



The Collider Tunnel (terowongan untuk proses tubrukan proton) :




Mesin Paling Njlimet dan Kompleks yang Pernah Dibuat Manusia

Untuk menggambarkan betapa besarnya skala dari monster ini, bayangkan mesin ini sepanjang 17 mil menyeberangi tapal batas dua negara, mempunyai detektor di 4 lokasi sebesar bangunan manusia, ditempatkan di lubang (goa) yang sangat besar - dan jika Anda berada di dalamnya saat mesin ini dioperasikan, Anda akan mengalami pengaruh radioaktif yang berat dan pengalaman yang fatal.

Untuk satu solenoid (CMS) dibutuhkan besi yang jumlahnya lebih banyak dari besi untuk membangun menara Eiffel. Biaya untuk membangun LHC ini demikian besar, sehingga Amerika tahun 1993 menghentikan proyeknya sendiri yaitu Superconducting Super Collider (meski terowongan sepanjang 14 mil telah mereka gali di Texas). Jadi, paling tidak saat ini proyek CERN sendirian menyandang gelar "mesin paling njlimet yang pernah dibuat oleh manusia".




Klik gambar di bawah ini untuk melihat view 360 derajat:




CMS detector, sebelum ditanam 100 meter di bawah tanah:


Potongan melintang dari detektor ATLAS, seukuran sebuah katedral! :


Lihat orang di gambar bawah ini, untuk skala bagaimana besarnya mesin ini:



Bundel Kabel Raksasa:


Tim LHC ini kerap disebut sebagai "Lord of The Ring", suasana proyeknya sendiri mirip-mirip susasana di film "Star Wars".


Idenya adalah untuk mengfokuskan energi besar ini ke dalam ruang sekecil mungkin. Seperti kata mereka: "Makin besar energinya, makin dahsyat pula partikel-partikel yang disemburkan". Seberapa besar? Apa ini miniatur dari blackhole?

Jika bukan perjalanan waktu (time travel), hal yang menarik lain yang mungkin dihasilkan dari proyek LHC ini adalah: Hari Kiamat!

Mungkin headline posting ini sangat berlebihan. Proyek LHC ini diperkirakan justru akan sangat berbahaya untuk dilanjutkan, lihat laporan ini. Bayangkan saja, ada sekelompok orang yang sedang membangun miniatur blackhole tidak jauh dari tempat tinggal kita. Siapa yang bisa percaya bahwa dijamin tidak akan terjadi sesuatu nantinya.

Latar belakang dari dibangunnya LHC ini mungkin saja adalah cuma untuk mencari "partikel Tuhan" (Higgs Boson?) dan juga teori "Grand Unified Theory" dari seluruh kekuatan energi di jagat raya.

Seluruh catatan yang menyebutkan LHC mungkin saja akan menghasilkan "Medium-sized Bang" atau mini blackhole yang tidak bisa dikendalikan, dibantah oleh ilmuwan-ilmuwan CERN: mereka meyakinkan kita bahwa "meski blackholes bisa diciptakan, hal ini masih terlalu kecil dan terlalu cepat jika dikatakan akan menghasilkan tenaga gravitasi yang kuat".

Majalah Discover mengutip ini: "Proses collision (tubrukan proton) di LHC dapat menyemburkan massa baru yang aneh, dimensi ruang tersembunyi yang membentang, bahkan menciptakan dimulainya lagi kelahiran kecil jagat raya. Dan sekarang, seperti yang kita lihat - mungkin sekaligus mesin lorong waktu."

"Kita bahkan tidak tahu apa yag akan terjadi" ujar fisikawan Perancis, Yves Schutz. "Kita sekarang berada dalam domain energi yg tak seorangpun pernah menyentuhnya."



Anda ingin tahu lebih jauh teori fisika yang menjadi dasar dari fenomena "traversable wormholes" yang pada akhirnya memungkinkan manusia untuk menempuh perjalanan melewati waktu (time travel)? Silahkan baca artikel lengkapnya di sini.

Bagikan/share artikel ini:

Related Posts

Previous
Next Post »

144 komentar

Write komentar
January 9, 2009 at 7:52 PM delete

Cool! gila tuh orang2 bikin mesin kaya gitu!

Reply
avatar
January 31, 2009 at 9:15 PM delete

masyallah...dananya yg sudah begitu banyak diserap apa ya kelak bisa menghasilkan untuk perdamaian manusia?
andai saja duitnya diberikan untuk fakir miskin, untuk sekolah anak-2 dan bikin Taman Baca

Reply
avatar
February 2, 2009 at 11:27 PM delete

dunia ini hanya akan bertahan antara 15-20 tahun lagi daris sekarang.

kalaupun mesin ini selesai sebelum waktu ini, maka mesin ini akan menjadi perantara untuk "destroyer"

Reply
avatar
February 3, 2009 at 6:03 PM delete

masyallah...dananya yg sudah begitu banyak diserap apa ya kelak bisa menghasilkan untuk perdamaian manusia?
andai saja duitnya diberikan untuk fakir miskin, untuk sekolah anak-2 dan bikin Taman Baca<====bhs yg ckup bijak bwt orang yg mls...!!!! (^_^)

Reply
avatar
February 23, 2009 at 12:21 AM delete

kerreeen buuung tapi bener juga tu katanya
dananya dari mana

Reply
avatar
March 6, 2009 at 5:36 AM delete

kalo bisa buat dunia hancur,mungkin bagus,biar ga ada dosa lagi yg terus-menerus menjalar,seperti para koruptor,ahhahahahahahahahahhahaha!!!!!!......



IgnisFiturs......

Reply
avatar
Anonymous
March 9, 2009 at 10:00 PM delete

Mereka pikir bisa selamat dari Kiamat dengan mesin waktu?
Jikalau Allah SWT sudah berkehendak, tak satupun makhluk hidup atau apapun ciptaan-Nya yang selamat dari kuasa-Nya..Subhanallah..!!!

Reply
avatar
gie
March 21, 2009 at 8:54 AM delete

..mnrt pndptku

tujuanx untk mncri partikel yg lebih kecil dari atom.(partikel tuhan )
knp dinamakan partikel tuhan ?
saudara2,ms ingt kn ma teori big bang.
teori ttg terciptanya bumi.

mnrt fakta trnyta,ada atom yg lbih kcil lg.
maka ilmuwn dsana bkin mesin yg super gede itu.
dan itu smpt ada kontrovesi.tkt bila akn trcpta smcm black hole di dlm bumi.shnga dpt mrsk bumi ygsgt parah.
tp,ternyata tdk trjd apa2.exsprimenx sukses.
thx

Reply
avatar
Anonymous
April 12, 2009 at 7:56 PM delete

hebat pisan... andai saya bisa masuk team... Ini dunia ilmu men.. segala pengetahuan kudu di explore...

Reply
avatar
RAP
April 18, 2009 at 3:30 AM delete

Mesin waktu tidak dapat menjauhkan kita dari kematian, karena hidup kita ada pada diri kita sendiri. Jadi, mungkin mesin waktu akan menjadi sebuah alat yang dapat membantu manusia melihat kebelakang atau kedepan. Masa yang akan datang dan lalu sudah ditakdirkan, jadi apa yang terjadi pada zona waktu tersebut tidak akan berubah.

Reply
avatar
April 24, 2009 at 12:14 PM delete

Mengungkap Misteri Perjalanan Waktu / Time Travel dengan dengan teori relativitas

Jika kita menaiki kendaraan dengan kecepatan tinggi dan kendaraan yang kita tumpangi membalap kendaraan didepan, maka kita menghitung kecepatan mobil yang dibalap mendekati Nol. Kira-kira seperti itulah teori relativitas yang diajarkan disekolah saat ini.

Ide relativitas seperti ini biasanya dikemas oleh guru fisika dalam rumus-rumus yang sulit dan kebanyakan tidak disukai oleh murid-murid.

Untuk mengungkap misteri perjalanan waktu atau time travel, butuh lebih dari teori relativitas, mungkin istilahnya super teori relatifivitas, butuh banyak, maksud saya butuh banyak sekali imajinasi bahkan harus sedikit gila, untuk mengungkap misteri ini. Jenius itu selalu diidentikan dengan gila, jadi jika netter adalah orang yg disebut gila oleh teman-teman, jangan khawatir :), karena batas jenius dan gila itu tipis.
Untuk mengungkap rahasia time travel, saya akan ajak anda untuk membayangkan, bahwa anda memiliki kemampuan bergerak dengan cepat, mirip superman atau the flash.

Pada percobaan ini, kita akan coba menggunakan imajinasi, yaitu melakukan perjalanan waktu / time travel kembali ke masa lalu dengan kemampuan tubuh super kita, yang dapat bergerak melebihi kecepatan cahaya.

Bayangkan saat ini anda berjalan di trotoar, anda dapat menyaksikan orang-orang berlalu lalang dan kendaraan yang melaju, anda dapat perhatikan bahwa anda bergerak dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan yang disekitar kita. Sekarang anda akan melakukan gerakan yang sangat cepat, gerakan cepat ini tidak tidak hanya meliputi 5 indera saja, namun kecepatan meliputi seluruh organ tubuh kita, termasuk otak kita.
Anda tidak akan berlari tapi anda akan bergerak dengan sangat cepat sekali untuk berpindah 1 meter dari tempat anda.

Saat organ tubuh anda melakukan adaptasi untuk melakukan kecepatan tinggi, anda buka mata anda lebar-lebar, anda dapat perhatikan bahwa orang-orang mulai berjalan menjadi sangat lambat.

Kita akan gunakan hitungan kecepatan melebihi hourse power yaitu Warp, Warp adalah satuan hitungan kecepatan cahaya, pada kapal Enterprise Star Trek. 1 Warp adalah kecepatan perjalanan cahaya yang terjadi dalam 1 detik.

Kita lanjutkan lagi, perjalanan kita menuju 1 meter dengan kecepatan 100 Warp. Saat ini anda sudah mencapai 0.4 meter dari tempat berdiri anda.
Anda akan coba, menambah kecepatan hingga 100 Warp untuk menuju 1 meter. Pandangan Mata anda dapat memperhatikan tahapan-tahapan seperti dibawah ini:



1. Semua benda disekitar anda mulai melambat, mereka bergerak dengan sangat lambat. Air menetes dalam gerak sangat lambat, suara manusia seperti auman yang tidak jelas. Saat anda melesat 1 meter dari tempat anda dengan kecepatan 1/2 warp. Saat ini dapat menyadari bahwa waktu berjalan melambat untuk diri anda
2. Ketika anda mulai menambah kecepatan hingga 50 Warp, anda medapatkan satu kondisi dimana semua benda di sekitar anda, total berhenti bergerak. Anda merasa bahwa ini adalah keadaan transisi, seperti bilangan Nol diantara bilangan bulat positif dan negatif. Ini adalah kondisi dimana tidak putih dan tidak hitam.
3. Dalam benak anda, anda berfikir, kira-kira apa yang terjadi jika anda menambah kecepatan hingga 100 Warp.

Maka anda mulai menambah kecepatan hingga 100 Warp, pada kecepatan 70 Warp anda mulai memperhatikan bahwa orang-orang tidak lagi berjalan ke arah depan, namun mereka berjalan mundur ke belakang, air yang menetes tidak jatuh ke bawah, namun naik ke atas. Anda sudah menyadari bahwa anda tengah melakukan perjalanan waktu /time travel. Tinggal 1/Milyar detik lagi anda menuju 1 meter.

Selamat anda sudah mendarat sejauh 1 meter dengan kecepatan 100 kali kecepatan cahaya (Warp). Anda dapat perhatikan jam anda bahwa anda telah mundur 1 jam dari waktu anda bergerak.

Anda tidak akan medapatkan diri anda menjadi 2. Anda juga tidak akan terbakar, karena ketika anda bergerak dengan kecepatan seperti itu, sebenarnya anda telah emendarkan molekul-molekul anda sendiri, dan anda sudah tidak lagi berbentuk materi, tetapi tubuh anda telah berubah menjadi energi.

Jika anda mengikuti tahapan-tahapan yang saya tulis, anda sudah satu langkah, menuju rahasai melakukan perjalanan waktu / time travel.

So kesimpulannya, jika kita ingin melakukan perjalanan waktu / time travel, butuh kendaraan yang dapat melaju lebih dari kecepatan cahaya, mungkin sekitar 10.000 tahun lagi, atau kita mampu merubah tubuh kita menjadi energi. Mana kira-kira yang memungkinkan.

Reply
avatar
April 25, 2009 at 12:12 AM delete

halo,
minta ijin untuk memuat artikel ini di majalah Gamestation
credit dan link akan saya sertakan di artikelnya nanti
thanks

Philip

Reply
avatar
April 25, 2009 at 7:27 AM delete

@Abu Fadhlan: Terima kasih, pak, menarik penjelasannya.
@Philip: Silahkan, pak. Terima kasih juga untuk semua yang sudah mampir...

Reply
avatar
Anonymous
April 30, 2009 at 10:37 AM delete

ko bisa sie mikir kya gitu, njlimet tenan !!

mbok uda, jalani apa adanya .. :p

tp salut deh .. ^^

Reply
avatar
Anonymous
May 2, 2009 at 5:33 PM delete

@abu fadlhan

itu dasar dari teleport kah? atau salah satu kunci ingin melatih diri untuk telportasi..menarik banget.

Reply
avatar
Anonymous
June 23, 2009 at 10:01 PM delete

2 Dinul
Sumpe lo?

Reply
avatar
Anonymous
June 27, 2009 at 7:58 PM delete

tRuz bnEr gA aD ROBOT mesin waktu seperti DORAEMON....??????????
APakAh bnEr . . . . ?????

Reply
avatar
Anonymous
July 7, 2009 at 2:46 PM delete

ga sia2 koq dana yg kluar klo dmi ilmu pngetahuan mah....

Reply
avatar
Anonymous
July 14, 2009 at 4:48 AM delete

Klo gagal,, Kiamat?

Reply
avatar
wina
July 18, 2009 at 5:59 AM delete

waduh..nha mni asa rariweh,
hbtna teh kapikiran

Reply
avatar
andri
July 24, 2009 at 7:49 AM delete

wah kalo beneran neh proyek jalan lancar, gue mau neh jadi kelinci percobaan pertama.

Reply
avatar
September 12, 2009 at 7:08 PM delete

AL-qur'an..........AL-asr


tuh dibaca........kita nggak bakal bisa ngerubah sejarah................jadi pasti gag bisa time travel........kalau gitu pasti gagal......dan kalau gitu..........harus deihentikan tuh proyek....jika itu benar2 jadi blackhole itu dapat menyedot segala partike dari materi dan dapat menyedot hingga radius 5 mil...hentikan donk...!

Reply
avatar
September 13, 2009 at 7:50 PM delete

Kalo menurut gw mungkin aja tuh mesin berhasil
tapi kalo merubah sejarah?? gak deh

menurut gw sekalipun berhasil,pasti "waktu" yg ditempuh pasti "waktu" yg pararel bukan waktu yg sama

artinya kalo misal balik ke masa lalu,u bunuh "diri loe" sendiri pas masih kecil n loe balik ke asal loe gak akan mati

PARAREL TIME guys

jadi paling cuman buat ngelihat doang bukan buat ngerubah

Reply
avatar
Anonymous
September 15, 2009 at 8:22 PM delete

suatu penemuan yg luar biasa.....

Reply
avatar
Anonymous
October 14, 2009 at 1:40 AM delete

goblok! jangan sambungin masalah agama dan ilmu pengetahuan !! gaga bakala ada relevansinya goblokk!!!

kalo emang gag suka IT ya jangan masuk thread ini.... goblok bener bener goblok yang mencoba sambungkan agama dan ilmu pengetahuan jelas gag bakal bisa sambung....

Reply
avatar
October 19, 2009 at 1:29 AM delete

aduh mas, ngomongnya jangan kasar gitu... ngaku2 IT kok ngomongnya kaya tidak pernah sekolah dan kuliah saja... dijaga mas itu mulut anda...

Btw, dalam Islam ya bisa nyambunglah... kenapa tidak nyambung ya karena berbeda epistemologinya... yang mengatakan tidak nyambung, mereka menganut epistemologi Barat... yang mengatakan nyambung, mereka memakai epistemologi Islam... So, kalau tidak stuju, ya anda silahkan debati di bagian epistemologi ini... mana yang benar, epistemologi Islam ataukah Barat?? ini dulu yang mas kritisi. Jangan langsung menghina orang yang mas tidak sependapat dengannya...

Reply
avatar
Anonymous
October 19, 2009 at 6:18 PM delete

setuju buat mas adnan syafi'i..
untuk orang yang merasa pinter IT silahkan saja,tapi harus seimbang antara pengetahuan keilmuan dengan agama..
lagi pula kata-kata itu kasar banget seakan agama bukan apa-apa..
kalo anda baca al-quran anda akan terkejut bahwa banyak ilmu pengetahuan yang sebenarnya bersumber dari al-quran..
contoh teori big bang sudah ada di al-quran jauh sebelum di temukan manusia..
jadi menurut saya pasti ada hubungannya antara iptek dengan agama..
tolong mas,kalo bicara soal agama akan sangat sensitif,jadi menurut saya disini bebas berpendapat namun tetap pada etika yang santun dan baik..
kalo anda tidak suka,silahkan kemukakan dengan cara-cara yang baik pula..
terima kasih..

Reply
avatar
zheine
October 23, 2009 at 8:06 AM delete

gile aje tu orang2.Allah-lah yang ciptain waktu,dan ga ada yg bs obok2 tu waktu kecuali penciptanya.ane yakin ada target lain yg ingin di capai dr proyek ini,mengingat Amerika cs berada di baliknya.lihat saja dari sisi financial yg tdk sedikit.ANDA KENAL AMERIKA KAN???

Reply
avatar
November 1, 2009 at 4:07 PM delete

:D udah di-post hampir 1 tahun yg lalu, tapi masih anget ya.

terserah mau bisa atau tidak, boleh atau tidak, berbahaya atau tidak, silakan bagi yang bisa untuk menjelajah waktu. Lha wong kalo bisa, kenapa ndak boleh  ya nggak? tapi ingat, daripada memikirkan yang enggak-enggak misal mau mencegah ini dan itu, ngambil ini dan itu, biar masa depan terselamatkan dan dengan dalih waktu itu ‘paralel’, terserah-monggo, mending kan menghadapi apa yang ada di depan mata kita saat ini, kalo masa kita di ‘waktu’ ini suatu saat akan berakhir. Titik.
Pesan untuk yang punya rumah, kok yang bisa nulis komen ndak diminta menuliskan alamat-keterangan gitu, jadi tempat debat kusir aja ini. Btw, thanks udah mem-buat tempat nongkrong :D

Reply
avatar
Anonymous
November 5, 2009 at 4:40 PM delete

Mas Orang IT itu harus berlandaskan AGAMA Juga. Ingaat Mas di Atas langit masih ada langit! Aku orang IT mas, dengan IT maka tampaklah bukti kebesaran ALLAH SWT yang MAHA PENCIPTA. Aku buat program yang lumayan komplex aja begini ribetnya dan menghabiskan waktu berhari-hari bahkan bertahun, sedangkan ALLAH SWT Maha CEPAT.

Benar kata bung di ATAS, Ingat surat AL -ASR (DEMI WAKTU).

Pekerjaan EDAN dihasilkan oleh orang EDAN dan ATHEIS. BAHAYA BISA AJA Mengancam sewwaktu2 kalo tidak tepat perhitungannya. Bermain2 dengan HUKUM ALAM lebih tinggi Resikonya. Coba usahakan buat yang lebih Komplex namun tidak berisiko fatal, macam buat UFO tandingan misalnya....! :P

Reply
avatar
zaq
November 7, 2009 at 11:36 PM delete

subhanallah... fisika aj q remidi terus....

Reply
avatar
idam
November 15, 2009 at 11:30 AM delete

menurut gw...
ini mungkin az....
coz black hole mini pasti bsa dikendalikan,
asal ukuran ny kuran dari 5 meter/segi....

Reply
avatar
November 27, 2009 at 6:31 AM delete

hahaha...bener tuh..
cuma buat mengetahui teori big bang dan menemukan partikel tuhan aja sampai segitu besar dana yang dikucurkan.. yang saya takutkan bukan proyek tersebutlah yang ingin mereka capai, tapi dunia dalam genggaman mereka (Amerika). Minyak langka aja seluruh dunia langsung kocar kacir gimana kalau partikel langka tersebut bisa membuat partikel yang lain seperti, pasir, air, udara, minyak, ATOM, TNT dan sebagainya, atau lebih parah lagi mereka bisa membuat Partikel Tuhan yang lebih banyak lagi. kayaknya kiamat gak harus nunggu 2012 deh..

Reply
avatar
Anonymous
December 22, 2009 at 9:58 PM delete

kalo mau ngatain org pikir dlo... pikir dlo anda bisa gk melakukan eksperimen yg luar biasa gt...
seharusnya memang gk bole kait kan dengan agama...
ilmu fisika ama kimia gk bisa di jelaskan dengan agama...
kalo yg menganggap gk mngkin itu berarti org yg gk perna berusaha ato gk perna pikir...
jika manusia bener2 mau melakukan apa saja jg bisa terjadi.. contoh ke bulan jg bisa kan..
lagipula ilmu fisika & IT kan cm membantu kita di masa depan...
N jgn kaitkan jg dengan amerika... atsnnya jg uda ada blg 7000ahli fisika'nya dr 80negara loh.. bukan dr amerika aja loh..
memang tuhan yg menciptakan kita... dengan ilmu pengetahuan manusia jg bisa tau bagaimana bumi dan makhluk hdp bisa terbentuk...
kita manusia harus bisa mengubah dunia yg jauh lebih baik dengan eksperimen2 sprt ini...
jika berhasil manusia kan jg tau bagaimana suku maya bisa menghilang dgn mendadak gt..
seharusnya klian yg tdk melakukan apa2 harus terima kasih ama mereka bukan bawel2 & protes2 aja.. jujur aja mahasiswa indonesia lebih bego drpd anak sd... setiap ada apa maennya demo2 aja.. aneh rasanya.. berpendidikan tinggi tp kelakuan gk beda jauh dgn gangster dengn kata laen preman...
makanya seharusnya terima kasih pada mereka... jgn byk berisik & ngatain org aja...
kalo suda hebat buktiin aja sendiri..
thx

Reply
avatar
Anonymous
December 27, 2009 at 12:19 AM delete

za bukanya bawel ato ngata-ngatain mas. Tapi kita memang harus berharap dengan semua hal baek yang kita lakukan, tapi kan kita juga harus bersiap dengan hal terburuk nya juga.

Kalau soak Agama pasti ada hubungan nya juga ta mas. Memang sih beranggotakan 7000 ahli fisikawan dari 80 negara, tapi semua nya kan juga manusia. Because, manusia memang wajib berusaha, tapi Tuhan juga kan yang menentukan hasilnya.

thanks...

Reply
avatar
Chi
January 9, 2010 at 4:28 PM delete

busyet mesinnya gede banget y..? tapi, karena masih tahap awal y wajar aj laah, namanya juga usaha..
salam kenal ^_^

Reply
avatar
January 25, 2010 at 8:45 AM delete

betewe,
ternyata mesin ini yang disebut-sebut Dan Brown di karyanya "Angels & Demons"...
wew...
mengerikan..

Reply
avatar
Anonymous
February 7, 2010 at 2:24 AM delete

bukannya tahun kemaren meledak ya pas uji coba adu proton atau apalah,,,ga ngerti gwe juga,,,lupa euy ,,padahal dibahas di koran tuh,,,tapi ga smpet baca,,,

pengen magang di CERN,,,jadi ob juga ga papa deh hahahahaha,,,,

Reply
avatar
Anonymous
February 20, 2010 at 9:04 AM delete

dasyaaat...dasyaat...artikel yg bagus bgt makasih ya mas...tp mesin ini benar2 ueedan....jadi pengen tau kelanjutannya...tolong dong mas kalo ada review terbarunya, diposting lagi yaahh...skali lagi hatur tengkyu...

Reply
avatar
March 7, 2010 at 11:51 PM delete

klo menurut saya sih, mesin ini keren banget, dan mungkin ini mesin bisa ngasih tau klo agama itu mendukung ilmu pengetahuan, dimana ilmu pengetahuan dan agama sebenarnya saling terkait, bahkan agama bisa juga menjelaskan ilmu pengetahuan....

Reply
avatar
Anonymous
March 15, 2010 at 8:17 PM delete

Manusia itu hasil karya Tuhan yg maha sempurna. Manusia adalah masterpiece-Nya Tuhan. Bahkan mungkin Tuhan sendiri kagum dengan ciptaan-Nya yg bernama manusia. Apapun bisa dilakukan oleh manusia, dan suatu saat manusia akan mewujudkan apa yg saat ini dianggap mustahil.

Perjalanan melintasi waktu yg dikembangkan oleh Ilmuwan, mungkin lebih mirip dg peristiwa Isra Mi'raj dalam agama Islam.

Damaikan agama & sains, demi kelangsungan hidup umat manusia dan seluruh alam semesta.

Catatan:
Mesin waktu milik Doraemon sampai saat ini msh berfungsi dg baik.

Reply
avatar
March 22, 2010 at 11:59 PM delete

yang aku lakukan adalah mengambar pintu ajaib dan cukup membayangkan aku ini hanya seorang yang kecil..

Reply
avatar
May 24, 2010 at 8:52 AM delete

zheine said...
gile aje tu orang2.Allah-lah yang ciptain waktu,dan ga ada yg bs obok2 tu waktu kecuali penciptanya.ane yakin ada target lain yg ingin di capai dr proyek ini,mengingat Amerika cs berada di baliknya.lihat saja dari sisi financial yg tdk sedikit.ANDA KENAL AMERIKA KAN???

European Organization for Nuclear Research = CERN itu EUROPE mas EUROPE, sekali lagi EUROPE, bukan AMERIKA, Amerika malah mau protes ni percobaan, pke alasan bisa nyiptain blackhole lah, biaya sekian lah, menurut ane bagus nih percobaan, ntar bisa jelasin peristiwa isra' mi'raj itu benar benar terbukti adanya, dan Allah bisa melakukan hal itu dengan sangat mudah, tanpa alat sebesar itu. hayooo...

satu lagi menurut ane, waktu itu cuma dimensi, sama seperti ruang, kita yang masih mengeksplor 4% dari total keseluruhan apa yg ada di alam semesta (berdasarkan teori bigbang, tapi menurut ane gag bisa diitung dengan angka klo ciptaan Tuahn itu) ane belum tau dalil yang menjelaskan tentang campur aduk manusia tentang waktu, dan klo pun teori relativitas einstein benar, maka tak akan ngerubah takdir koq, kata mas2 yang diatas juga gitu

baca dulu mas ya jangan asal komen gag jelas gitu ^^v

Reply
avatar
Anonymous
May 31, 2010 at 5:59 AM delete

bener-bener keren nih mesin.....kita mah positif thingking aj ma kerjan orang eropa sapa tau hasil dr CERN bs berguna bt anak cucu kita...ya ky kita bs nikmatin ni internet yg nemuain internetkan bukan orang kita..?
amerika gerah dgn ni LHC mereka mpe buat saingannya tp kburu ditutup..
kl g salah, menurut sthepen hawking (ilmuwan sekelas einsten) untuk kembali ke masa lalu adalah mustahil, berdasarkan perhitungannya untuk kembali ke masa lalu harus memundurkan semua dimensi alam semesta ke masa lalu (waktu paralel). pertanyaanya... energi apa yang bisa menarik alam semesta?? la wonk perdaratan manusia di bulan aja masih "tanda tanya/????"
mang ada mesin manusia yang mampu menempuh jarak 700 000 KM tanpa isi ulang bahan bakar??(ROKET)

Reply
avatar
June 17, 2010 at 8:11 AM delete

Jika Allah SWT berkehendak 'kunfayakuun' maka jadilah.... Mgkn aja percobaan ini berhasil.. Tapi tetap tdk mgkn melebihi Allah SWT...

Psti ilmuwan yg buat percobaan ini kan lebih pinter daripada kita, jadi pastinya mereka pikir2 dulu sebelum buat percobaan itu.........

Subhanallah

Reply
avatar
skd
June 18, 2010 at 12:52 AM delete

biarin ... nanti kan kualat sendiri ..

Reply
avatar
July 5, 2010 at 7:36 PM delete

jika waktu mengijinkan mungkin dengan kemajuan iptek mesin waktu dapat diselesaikan .

Reply
avatar
Anonymous
July 19, 2010 at 11:20 AM delete

keren bgt cuy mesinnya..pasti makan duit byk bikin barang bgituan..yah gua doain supaya sukses..siapa tau ntar manusia kaya kita bisa menjelajah ke zaman dinosaurus dulu..kan ajib bgt tuh!! teori relativitas yg ditemukan einstein bs dijadikan kenyataan oleh ribuan ilmuwan fisika disana..smoga klo berhasil mesin itu bs digunain bwt kebaikan bukan untuk melawan Tuhan..sukses and God Bless u all..

Reply
avatar
July 27, 2010 at 10:39 PM delete

wow.. ga bisa bilang deh..
tapi keren banget mesinnya. moga-moga deh bisa di pake jadi dipake time travel beneran.

Reply
avatar
Anonymous
September 10, 2010 at 3:12 PM delete

krenn...tapii menurut w,
hidup spertii ini udh enak...gk perlu ke masa lalu...
kl berhasil allhmdulillah..
tpi kl gk...
astagafirllah...

Reply
avatar
Anonymous
October 5, 2010 at 12:48 AM delete

maaf saya menyela
proyek ini tidak bisa d terskan karna ssatu hal yg tdk mgkin d jlaskan dng mdah...
benar yng d ktkan oleh orang yg kalian sbt slma ini sbgai jhon ttor.
LG lah yg pertma kali yag btul2 bisa memfungsikan mesin waktu...
stlh 2106 mesin wktu di anggap ilegal.. yg ada hanya transporter. itupun tdak smua orang bsa memiliki.
kita sbnarnya bsa melintasi waktu pada thn ini.
hanya butuh tempat waktudan posisi yg tepat''
prosesnya d stiap ttk bumi terkadang mengalami
apa yg d sbt siklus zero quantum.
jiaka menghadap utara berarti maju dan sebaliknya.
carilah dimana 3 sudut kita berada di tengah.
saat ini detector pencari zero Q sbnarnya sudah pernah d buat usa [top secret]
mesin yg saya pakai lebih hebat dari mecin jhon..
untuk maju ke future maks 12th.
untk past sampai 150an th.
untk 10th di butuhkan waktu skitar 1mnt.
da

Reply
avatar
Anonymous
November 5, 2010 at 5:04 AM delete

BOS, GAN,dan KAWAN SEJAGAT, ingat.... mesin waktu...?? apa iya ada...., apa iya berguna buat kita....?? apa iya.. ( jangan pernah menuhankan ilmu pengetahuan deh) biasa ajalah..... kerja dan kebahagiaan gag akan ada dimasa lalu tapi di MASA DEPAN....... jangan sampe ribut hanya karena keyakinan yang gag dan belum jelas ah.....buh sampah and hoax nih.... cape' deeeeh

Reply
avatar
December 23, 2010 at 4:52 AM delete

Mesin Waktu memang ada,Tapi tidak real (nyata),bisa di rasakan dalam mimpi,tapi gk ada di dunia asli.

Reply
avatar
jack & jill
January 14, 2011 at 9:24 AM delete

ngomong apa sich dr td ... dikit2 agama ... kita lihat aja apa selanjutnya... molo boi tarbahen sude... rap hita bangga sebagai manusia...

Reply
avatar
Anonymous
January 16, 2011 at 4:58 AM delete

gayakin bisa berhasil :S
no offence

Reply
avatar
Anonymous
March 16, 2011 at 11:10 AM delete

weh..dah 2 tahun ya??? udah jadi belum pak mesinnya? mending bikin yang simple dan berguna aja deh...dan untuk anonymous tgl 10 sept 2010, ngomong apaan sih lu?? kagak ngerti aku, apa aku yg bodo ya?

Reply
avatar
March 25, 2011 at 8:54 AM delete

wow, ledakan ilmu pengetahuan, hidup ilmuwan!

Reply
avatar
Anonymous
April 9, 2011 at 8:27 AM delete

terlalu sulit untuk di percaya pa mesin waktu itu,,
emang benar akan terjadi?
yah mudah mudah an bisa lah ,,biar kita lihat nenek yang dulu apakah di waktu kecil sangat cantik tau bukan ya ,,,,
hehehe,,,,

Reply
avatar
Abdulla Bin Hisyam
May 5, 2011 at 5:06 AM delete

WOW,kalo itu mesin waktu itu jadi.......lebih baik saya ke Zaman Nabi Muhammad Aja.....untuk ikut serta dalam perang badar..

Reply
avatar
May 19, 2011 at 11:57 AM delete

gw yakin deh ga bakalan berhasil,,,,,,,,,,,,,,,,,,tuh ilmuwan,ALLAH punya Kuasa...........klau pun mesin itu berhasil pasti ad yg menghentikan nya............

Reply
avatar
Anonymous
May 23, 2011 at 4:09 AM delete

sy masih bingung... misalnya kita melakukan perjalanan ke jaman pir'aun, jadi keadaan di sana si pir'aun masih idup gitu? berarti klo emang bisa si pir'aun skarang lagi ngapain ya? hehe..

Reply
avatar
Muhammad Banci
June 14, 2011 at 2:01 AM delete

: Muhammad guoooblooockkk manabisa nyiptain ginian ?

Reply
avatar
June 22, 2011 at 8:37 PM delete

kun fayakun !!
smua ilmu itu berawal dari al-quran .. yaitu kitab penyempurna kitab2 sblumnya. so, makanya klian baca al-quran. bkannya akusuka baca al-quran dan aku mau nyombongin diri, tapi aku juga merasa smua ini hanya sia-sia !!

cap gawe teu kapake !!

Reply
avatar
June 25, 2011 at 9:40 AM delete

Berarti kita bisa pergi ke jaman tahun 1945 donk yah ?

Reply
avatar
Anonymous
June 27, 2011 at 2:09 AM delete

..oucchhhh....luar biasa kecerdasan mnsia ini..bisa menentang waktu yang tak kan pernah habis..

Reply
avatar
rez'e peanth73
June 27, 2011 at 2:12 AM delete

...wwuuiiiihhhh dahsyat...good job dahhh jempol jempol jempol

Reply
avatar
betzi
June 27, 2011 at 8:05 PM delete

wechh...wecchh hebat banget.....

Reply
avatar
Anonymous
July 13, 2011 at 12:09 AM delete

keren,aku yakin pasti bisa... maju terus ilmuan (Y)
dan jangan ngomong2 depan komputer soal agama, ckckckck agama di bawa2 terus...ini udah jaman modern
Mungkin…sangat mungkin. Siapa bilang tidak mungkin ?
Seperti juga wright bersaudara dulu di tertawakan, dianggap gila, bahkan dikotbahi dengan ayat-ayat, ” mana mungkin manusia bisa terbang seperti Aladin ? ” Nyatanya ? Keep spirit. Jangan berhenti bergerak !

Reply
avatar
Anonymous
July 18, 2011 at 2:37 AM delete

waktu gag kan mundur...gag kan maju...berhenti baru bisa jika dalam keadaan super cepat...dan hanya orang yg melakukanya yang sadar waktu berhenti,,,karena saking cepatnya seolah2 waktu brenti...mesin itu cuma bikin mini blackhole...nyahoo kalo di aktifin kita semua

Reply
avatar
Anonymous
July 27, 2011 at 8:58 PM delete

Materi yg bisa bergerak seperti itu sepertinya hanya malaikat ya, yg diciptakan dari nur atau cahaya, berarti malaikat bisa dong masuk ke berbagai dimensi dan paham masa lalu dan masa depan, jadi kalau manusia bisa berubah jadi energi yg bergerak melebihi kecepatan cayaha mirip malaikat ya, mengerikan, apalagi kalau manusia itu jahat, weh weh weh

Reply
avatar
KIRO
July 28, 2011 at 8:44 AM delete

pendapat gue... kalooo untuk mesin waktuu buatan manusia untuk back to past, kyk'a hampir ga mungkin (bukan ga mungkin yah)....,, ya saya tahu jangan terjebak masa lalu, skrng, atau masa depan ,,krna intinya sama ciptaan. dan tuhan tidak terjebak waktu tdk berawal tdk berakhir, ciptaan ada karna ada tuhan ,,, klo tdk ada tuhan, tdk ada ciptaan

saya analogikan ruang dan waktu sebagai film


kalaupun bisa mesin itu,, menurut gue lbh cocok'a mesin terawang seperti sebuah film kita bsa reverse ke waktu sblum'a atau waktu sesudahnya ajah, klo untuk merubah gambar/ruang/wujud dlm waktu itu g bsa, ( mungkin ini di sebut takdir)..
ruang dan waktu saling terkait g bsa di pisahkan


kemungkinan ke2
klo kamu dlm waktu ini, kamu ada ,,, dan ke masa lalu dan kamu ada di masa lalu dan sempat berinteraksi dan mengubah suatu gambar/kejadian yang seharusnya,,,, maka kamu bisa dibilang dapat memanipulasi ruang dan waktu.. kamu kyk dewa ( kyk'a ga mungkin, jadi mesin yg bsa memisahkan/mengcopy gambar/ruang/wujud dari waktu a ke waktu b,, ini sama aja kamu merubah takdir )

Reply
avatar
August 5, 2011 at 12:49 AM delete

Kaka maaf.. saya bukan sapa sapa.. saya jg gak terlalu ngerti sains.. mw tanya.. akar dari mines 9 itu berapa ya? mungkin gak mines 3? kan katanya imajiner-_-" saya dapatkan ini dr rumus relativitas einstein

Reply
avatar
August 7, 2011 at 3:25 AM delete

emg bnr apa mesin waktu bisa di buat? menurut gue ngga banget lah ngga mungkin bisa.

Reply
avatar
August 18, 2011 at 6:50 AM delete

ini artikel udah 2 tahun yang lalu masih aja hot yah :D

menurut saya tidak ada yang tidak mungkin, saya rasa suatu saat nanti pasti ada ilmuan yang bisa menciptakan mesin waktu, contohnya dlu perjalanan keluar angkasa atau terbang, semuanya menganggap itu tidak mungkin dan orang yang berpikir seperti itu adalah orang gila,, namun nyatanya skrg terbukti kan semua itu bisa terwujud,,, (kuncinya 1 : Tuhan menciptakan manusia dengan akal, dan sebagai manusia kita haru berikhtiar alias berusaha dlu)

mengenai tentang perselisihan antara agama dan ilmu pengetahuan semuanya itu harus berimbang mas bro,,, bayangkan apabila seorang ilmuan tidak memiliki agama dan hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri untuk mengoperasikan ciptaannya yang berbahaya bagi makhluk hidup, dunia pasti hancur

nah disinilah agama berperan penting, membuat seorang ilmuan yang menciptakan alat ciptaanya itu memiliki pikiran yang baik dan tidak ingin membahayakan orang lain

begitulah menurut saya masbro,,, salam kenal deh

Reply
avatar
September 8, 2011 at 2:40 AM delete

saya kira baru-baru ini kalau ini artikel dipost ??

tapi keren juga sampai sekarang aja masih Panas.

Salam... :)

Reply
avatar
Anonymous
September 13, 2011 at 7:17 AM delete

GAK MUNGKIN BISA...!!!!KLO BENER TU PROYEK BERHASIL...KNAPE NYAMPE SKRG BELOM ADA ORANG DARI MASA DEPAN YANG DATENGIN KITE...????
KLO DI AL QURAN ADA SURAH AL ASHR (DEMI MASA)
DI SITU ALLAH BERSUMPAH ATAS NAMA WAKTU..ITU ADALAH PERINGATAN BAHWA WAKTU ADALAH SUATU DIMENSI YANG MUTLAK KEADAANNYA DAN GA BISA DIUBAH..KLO ADA YG BILANG WRIGHT BERSAUDARA BISA BIKIN PESAWAT TERBANG SEBAGAI CONTOHNYA..ITU KARENA MEREKA BIKIN ALAT YANG BISA MEMANIPULASI RUANG..DARI RENDAH KE TINGGI...INGET...RUANG BUKAN WAKTU...N KLO ADA YANG BILANG IPTEK GA NYAMBUNG SAMA AGAMA..MENDING LU JADI KAFIR AJA SEKALIAN...CZ SEMUA TEORI TENTANG PENCIPTAAN ALAM SEMESTA,BIGBANG, PERBINTANGAN, SAMPE KEHANCURAN ALAM SEMESTA TUH UDAH DI TULIS DI AL QURAN...
W CUMA MO NGINGETIN AJA..JANGAN SOMBONG KARENA ILMU...JUSTRU DENGAN ILMU HARUSNYA KITA BISA LEBIH MENDEKATKAN DIRI PADA TUHAN...

SALAM....

Reply
avatar
Anonymous
September 26, 2011 at 12:19 AM delete

AKU JUGA BISA BIKIN MESIN WAKTU, GITU AJA KOQ REPOT

Reply
avatar
Anonymous
October 4, 2011 at 12:36 AM delete

GILA ILMUAN JAMAN SEKARANG UDAH SEPERTI DUNI KARTUN AJA KEKKK...SAMA KAYAK DORAEMON

Reply
avatar
November 8, 2011 at 10:14 PM delete

Ntah itu betul atau tidak yang jelas gw gak percaya tentang ada nya mesin waktu.......
Logika nya gini ja ya...

seumpamanya lu kecelakaan dan mati, nah dengan adanya mesin waktu bokap lu bisa pergi ke masa lalu/sebelum lu kecelakaan dan apa waktu itu lu masih idup,,,,,,?

MUSSSTAHIILLLL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Reply
avatar
November 11, 2011 at 6:10 AM delete

mungkin aja...tetapi masih bernyawakah orang yang melakukan perjalanan tersebut???? sementara dikecepatan 1000 km/jam kulit sudah terlepas dari tulang belakang....sedangkan lompatan waktu mempunyai kecepatan lebih dari kecepatan cahaya....menurut saya itu mungkin saja....tetapi hidup kah orang yang melakukan perjalannan waktu tersebut????

Reply
avatar
Anonymous
November 13, 2011 at 2:36 AM delete

stlah mmbca blog ini, pkran sy jd brcabang dan berimajinasi jauh. Di satu sisi mungkin aja, knp tdk? Nenek myang qt yg hdp di zaman sblm msehi atw rbuan thn lalu jg g kan prnh mmbyangkan ttg internet, tv, cmra, bhkan hape. Smua itu adlah mustahil bg mreka, bhkan tk prnh smpat mampir dlm otak mrka ttg itu, tp trnyta skrg qt bs rasakan dan mnikmati smua teknologi tsb. Dan qt yg hdp di zaman skrg ne jg g bkal thu apa dan teknlogi apa yg akan dcptakan oleh otak mnusia2 100 thn kdpan... Manusia tk kan prnh ada puasny, dan akn trus mengeksplorasi dunia dgn brbgai bntuk dan cara.

Tp dsisi lain dlm logika sy, lbh condong ke mustahlny. Krna klo msn wkt bnr2 ada nntiny, bgaimana dgn sjarah?! Apakh Sejarah akn brubh? Klo brubh brarti bkn sjrah lg namany.hancur dh smuany! Mumet dah otak sy mkirin gnian!
Yg pasti sy kmbli lg pd kprcyaan sy kpd Qoda' dan Qadar(takdir). Tk ada suatu halpun yg dpt mrubhny trkcuali manusia wlaupun dgn sgla kmmpuan dan otak yg super, Mnusia itu hnyalah ciptaan-NYA yg ttp mmliki kterbtasan.

Reply
avatar
Anonymous
November 15, 2011 at 5:24 PM delete

masa iya ada mesin waktu yang bisa berkunjung ke masa lalu dan masa depan?
toh orang yang mau di datangi di masa lalunya juga udah pada meninggal,klo mau mengunjungi di masa depan orang2nya juga belum pada lahir atuh
ada2 aja

Reply
avatar
Anonymous
November 16, 2011 at 7:08 AM delete

yg saya ketahui, imajinasi manusia gk akan pernah berhenti, jadi kalau mesin waktu mungkin saja

Reply
avatar
November 20, 2011 at 6:25 AM delete

kalo menurut teori kemungkinan....kemungkinan berhasil 50%,dan kemungkinan gagal juga 50%,,,
kalo kita bercermin pada penemuan terkhnologi Nuklir lebih tepatnya Bomb Atom...Teori dasar di Cetuskan Albert Einstei,dan di turunkan dalam bentuk aplikatif oleh Enrico fermi,,dan di jatuh kan oleh jend Mac Athur,di Yokohama dan Nagasaki...coba lihat,,efek destruktifnya,,,itu baru proses penembakan inti atom pada Uraniumm..
Nah kalo pada percobaan Travelet time di Atas,,,yang akan di lakukan adalah pemecahan Sub Inti atom berupa Proton dengan proses penubrukan...bukan tidak mungkin kalo menurut saya..BUMI dan System Galaksy ini akan lenyap...ikut berpindah dimensi...ke dimensi lain yang konon katanya sebanyak 9 tingkat menurut Steven Hawking yang terpilin dalam superstring....kalo seperti itu yang terjadi..ada dua kemungkinan yang bisa terjadi pada proses itu....KIyamat Kubra yang di ciptakan oleh Manusia sendiri..atau keabadian Manusia telah di mulai...yang keluar dari kodratnya sebagai makhluk dengan Organik menjadi Makhluk dengan medium Energi,,,itu artinya manusia siap siap berpindah kehidupan dari makhluk berupa jazad..menjadi makhluk yang berwujud energi...kalo saya katakan...bahasa Sederhananya siap siapalah semuanya hidup dalam alam roh atau arwah..bukankan arwah adala paket energi yang di tiupkan Allah kepada jazad Kita...jadi kesimpulannya Manusia sendiri yang memprcepat perpindahan Alamnya dari alam materi ke alam Energi atau (alam arwah)dan kehancuran kehidupannya yang telah di rancang Master design Alam ini...yang merumuskan dan menciptakan proses alam semesta ini...di karenakan manusia terlalu ego untuk mencampuri sesuatu yang bukan wewenangnya..batasannya itu di gariskan di Surah Al'asr dengan SUMPAH dari Maha master design alam semesta...ok lah Waktu ada karena adanya Gerak...itu prinsip dasar Waktu....akan tetapi setiap wujud materi di alam semesta ini yang terwujud secara fisik sebanya 4 dimensi..itu telah di atur priodik gerak partikelnya,,,baik secara percepatan,perlambatan,bahkan konstanta geraknya,,,jika manusia ikut campur dalam hal ini...boleh jadi persentasi kemungkinan gagalnya percobaan itu lebih besar dari 50 %,,,siap siaplah menyongsong Kiyamat...ingat Black Hole yang tercipta..akan dapat melenyapkan semua materi di Bumi ini boleh jadi Mataharipun seluruh planet akan itu tersedot di Black hole tersebut..bahkan memungkinkan Galaksy Bima sakti akan berakhir dengan Proyek ini....Wassalam...

Reply
avatar
November 22, 2011 at 11:17 AM delete

apa benar ini bisa melintasi waktu yang fana

Reply
avatar
Anonymous
December 1, 2011 at 11:18 AM delete

yahh.. berhasl atau gagal, beneran atau cuma teori konspirasi, jadi berkah atau musibah, ga usah jadi perdebatanlah.. ambil inspirasinya, mereka (maaf--kemungkinan bnyk yg bukn muslim) rela mengeluarkan duit trilyunan dollar, umur, waktu, fikiran, cuma buat hal yg mereka yakini walaupun itu belum pasti benar.
nah... kita yg katanya beriman, yakin seribu persen, udah nyoba apa...???????? berani total seperti mereka cuma buat membuktikan kebenaran satu hadist..??? atau cuma mampu copy paste sana-sini..??? keknya artikel ini dibuat agar kita sbagai manusia bangga klo ada manusia seperti kita bisa buat mesin sdemikian canggih (terlepas dr berkah atau musibah). klopun gagal trus kiamat ya gpp lah.. mag pada ga iklas klo ditakdirin mati krn kegagalan mesin tsb..???
"ambil yg baik, buang yg buruk"

Reply
avatar
Anonymous
December 4, 2011 at 7:36 PM delete

terlalu dini untuk menciptakan pengetahuan untuk dapat mengetahui perjalanan waktu yang sesungguhnya... karena kita sebagai manusia hanya mempunyai keinginan selangit pun belum tentu dapat mewujudkan tersebut dengan dimensi waktu yang terkadang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata,, karena ke semuanya itu ialah milik sang maha pencipta...

Reply
avatar
December 14, 2011 at 2:25 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
February 29, 2012 at 11:36 AM delete

KALO HANYA MASALAH MESIN WAKTU AJA KOQ REPOT REPOT.TERNYATA 7000 FISIKAWAN DAN KIMIA APALAGI AMERIKA ITU GOBLOK BANGET...SEBETULNYA KITA BISA KEMASA DEPAN DAN MASA LAMPAU.. SEPERTI MAS BRO YG BILANG...BAHWA YG BISA MELEBIHI KECEPATAN CAHAYA 1000X ATAU 1JUTA KALI SEKALIPUN ITU ADALAH MATERI.BKN BENDA..BAGI MAS BRO YG MAU KEMASA DEPAN ATAU MASA BELAKANG, COBA IKUTIN PETUNJUK INI. 1@.DAYA IMAJINASI KITA YG DIBERIKAN TUHAN ITU SDH BISA KEMASA DEPAN ATAU KEBELAKANG. KALO ANDA MENGHAYAL ANDA SDH BISA BERADA DI MASA DEPAN. 2@.KALO ANDA MENGINGAT DG DAYA INGAT.APA YG TERJADI KEMARIN.BLN LALU ATAU TAHUN LALU,ANDA SDH BERADA DI WAKTU YG LAMPAU.OKE BRO???SILAHKAN DIRENUNGKAN BETUL ATAU TDK....DARI PADA ANGGARAN YG BESAR ITU SIA SIA.MENDING DIGUNAKAN UNTUK MENCARI SUMBER ENERGI ALTERNATIF PENGGANTI ENERGI FOSIL DAN YG BERMANFAAT LAINNYA DEMI KEMAKMURAN MANUSIA BYK.SALAM

Reply
avatar
July 23, 2012 at 5:14 PM delete

biarin aja napa si para ilmuwan itu bereksperimen..
toh kalo mesin itu gagal , dan kiamat akan terjadi , mungkin itu sudah takdirnya bumi ini hancur..

Reply
avatar
Anonymous
September 5, 2012 at 9:59 PM delete

Gw disuruh inyong baca ini artikel

Reply
avatar
Anonymous
November 20, 2012 at 11:32 PM delete

sepertinya para ilmuwan ini benar benar terinspirasi dari peristiwa isra' mi'raj Rasulullah SAW

Reply
avatar
Anonymous
November 22, 2012 at 7:48 AM delete

proton akan di ikat dengan elektron agar menjadi molekul ion yang baik untuk membantu melancarkan peredaran darah..
www.alatterapi-ionelektrik.com

Reply
avatar
November 22, 2012 at 11:46 PM delete

gak mungkin banget, klo memang ada mesin waktu, harusnya jaman dulu sudah ada yg datang dari masa depan. klo toh mereka kelihatan berhasil itu adalah rekayasa jin, alias mereka akan berada di alam jin yg seolah olah itu masa lalu atau masa depan.

Reply
avatar
December 6, 2012 at 3:20 AM delete

kalau time travel sudah ada di abad ini, mengapa para time traveler dari masa depan tidak bermunculan.
Apakah time travel memang bisa dibuat seperti kata john titor

Reply
avatar
December 28, 2012 at 10:51 PM delete

Wowwww
Manusia mamang Pintar ya
sankin pintarnya
pengen jadi Tuhan
hahaha
asal dosa manusia dari semula

Reply
avatar
January 10, 2013 at 5:41 AM delete

Kemampuan manusia itu terbatas, tetapi ga pernah ada yang tahu sampai dimana batas kemampuan manusia...

Reply
avatar
January 10, 2013 at 9:16 PM delete

mnurutku bisa aja berhasil klo kemasa depan... klo kembali kemasa lalu atau memperbaiki sejarah tidak mungkin... COBA PIKIR klo mungkin orang yang ada dimasa depan bisa balik kemasa kita sekarang dan ngebantu orang2 yg ngerjain tuh proyek.... bener gak??? atau orang yg kerja diproyek itu sekarang ada orang yg dari masa depan hehehe.......

Reply
avatar
February 9, 2013 at 2:09 AM delete

bila saya berjalan dari jakarta pukul 5.00 sampai ke bogor pukul 6.59
bila saya berlari dari bogor ke jakarta sampai pada pukul 6.30
bila saya memakai motor sampai pukul 6.20
dan bila saya memakai kendaraan yang sangat cepat saya sampai jam 4.00
dan bila saya memakai kendaraan yang 2x lebih cepat maka saya sampai jam 2.00
benarkan
semakin cepat saya menuju ke bogor
maka waktu semakin mundur
apakah ini teori kembali ke masa lalu

Reply
avatar
February 16, 2013 at 9:27 PM delete

seandainya mesin waktu itu sudah ada dan siap untuk di gunakan..
gue bersedia siap untuk menjadi orang pertama buat mencoba mesin waktu itu..
dan gue kepengen bangte ke masa lalu gue..

Reply
avatar
Anonymous
February 19, 2013 at 7:42 AM delete

Assalamu'alaikum.
Salam.

Coba deh nonton steins gate... itu kayaknya bisa menjelaskan.. tidak lepas dari qada/qadar..

meskipun bisa ke masa lalu, atau masa depan, kita tidak bisa mengubah takdir.
Hidup kita itu bercabang, tapi tentu saja berawal dari satu titik yakni kelahiran (yang tidak bisa diubah), dan akan berakhir di satu titik yakni kematian (yang tidak bisa diubah).

Kalo mesin waktu bener ada, kita tidak bisa mengubah hal yang seperti itu, kita hanya bisa mengubah cabang/ranting kehidupan kita, tapi toh, ujungnya juga sama. Tapi kalau merubahnya, nanti akan terbentuk garis dunia lagi. Yang tentu saja akan berpengaruh kepada sebagian besar orang.

Tapi semua itu tidak bisa mengubah takdir yang sudah di tentukan.
Dan menurut saya, mesin waktu bisa saja dibuat, tapi tidak bisa mengubah sesuatu yang sudah "ditakdirkan".

Misalnya saja, kita sedang ada di dunia A. Kemudian kita ke masa lalu, dan mengubah suatu hal. Nah, ketika kita mengubah hal tersebut, akan terbentuk lagi dunia B dan kita tidak bisa lagi kembali ke dunia A (ketika kembali ke masa depan).

Sebenarnya aku juga tidak terlalu mengerti, tapi mungkin saja 'kan?

maaf kalau aneh dan tidak masuk akal._.
Menurut saya sih begitu. Terimakasih.

- MEPWS

Reply
avatar
Anonymous
February 25, 2013 at 8:13 PM delete

wakakaka...
Ada-ada aja tuh, mereka itu semua dan percaya pada teori mesin waktu ini keq di film-film adalah teman-teman/otaknya semua sama dengan yang percaya kalau kiamat dunia terjadi kemarin...

Syaratnya nanti boleh pakai mesin waktu tu, tapi jangan pakai udara untuk bernapas.

hayooo..... siapa yang mau, wkwkwkwk

Kalau ada yang mau, Mati aja sono, dijamin akan langsung kemasa depan (Alam Arwah), dan kalau mau kemasa lalu, tenang aja, nanti juga saat di hisap amal dan keburukan orang, akan dikembalikan semua/ditunjukkan semua segala perbuatan manusia yang pernah dia kerjakan/lakukan selama hidupnya didunia.

Reply
avatar
Anonymous
April 15, 2013 at 7:45 AM delete

7000 imuwan CERN belajar dan bekerja keras, berusaha menggapai impiannya dan berkontribusi dalam ilmu pengetahuan. Anda, apa yang sudah anda berikan ? Janganlah kita yang berpengetahuan rendah dan tak berbuat apa-apa berkomentar bodoh. Disini kita mengatasnamakan tuhan dan kitab suci,apakah dikehidupan sehari-hari kita benar-benar sesuai jalan tuhan ? Tunjukkan kemampuan anda dalam berilmu pengetahuan, dalam hal beragama pergilah ketempat yang orang lain tak perlu tau bahwa anda sedang menyembah tuhan.

Reply
avatar
Anonymous
May 1, 2013 at 8:14 AM delete

Terakhir saya baca akhirnya mereka telah menemukan partikel "higgs boson".. selanjutnya apa? Percayalah.. produk turunan yang sangat dinantikan bukanlah sebuah mesin waktu, tapi sebuah senjata, yg lebih efektif dari nuklir.. (sebuah harga yang seimbang untuk investasi lebih dari 50 triliyun..)

Reply
avatar
May 13, 2013 at 10:40 PM delete

Waahh..
Keren tuh..
Tapi kalau bisa menembus ruang waktu dan kembali ke masa lalu kan bisa merubah apa yang terjadi di masa sekarang..

Reply
avatar
Anonymous
May 18, 2013 at 3:54 AM delete

takut ya..kalau manusia bisa ngalahin Tuhan...he he ..

Reply
avatar
Anonymous
June 25, 2013 at 10:54 PM delete

Ilmu pengetahuan adalah suatu alat, sebagai alat sesungguhnya tidak memiliki nilai yang berdiri sendiri.

Maksudnya adalah kita, manusialah, yang memberikan penilaian baik atau buruk dari alat tsb.

Apapun alatnya, bisa jadi baik atau buruk tergantung manusianya.

Selama kita bertujuan baik, niscaya ilmu tsb akan berguna untuk banyak orang.

Lucu juga rasanya membaca banyak opini, debat dan argumen antar pembaca yang bahkan mungkin tidak akan pernah sampai ke 7000 ilmuwan si CERN itu.

Ada baiknya kita lebih banyak produktif dalam mengembangkan ilmu semampu kita, sambil terkesima dan bersyukur dengan kemajuan ilmu yang ada di dunia seperti di jaman sekarang.

Tidak ada gunanya berdebat antara ilmu dan agama, tidak penting siapa yang benar.

Yang penting bagaimana semuanya itu bisa berguna buat kita semua.

Jauh sebelum Agama apapun ada ke dunia, alam semesta sudah lebih dahulu ada, jadi hargailah itu sebagai persamaan bagi seluruh umat manusia.
Dan kita juga tahu, manusia baru ada setelah alam semesta lahir.
Dan Agama baru muncul jauh setelah manusia ada.

Maka mempelajari ilmu pengetahuan mudah2an bisa membuat kita lebih mencintai alam, dan mempelajari agama bisa membuat kita
lebih memiliki moral yang positif.

Semoga di masa depan ga ada lagi yang berusaha berlomba mengatakan agamanya yang paling hebat, atau lebih hebat dari ilmu2 lain apapun, padahal belum tentu tiap ayat dalam kitabnya diresapi dan dilakukan dengan sungguh2 dalam kehidupannya.

Salam

Reply
avatar
Anonymous
September 16, 2013 at 7:28 AM delete

apa itu time travel..time is money...no money bodong loe....makan butuh duit, sekolah butuh duit, apaapa butuh duit...kencing ama beol pakai duit.....gak mutu loe2 pade gede bacot gak da hasil.....hehehehe......

Reply
avatar
September 20, 2013 at 3:18 PM delete

Minta bantuan aja sama doraemon biar cepet jadi, hehe

Reply
avatar
February 9, 2014 at 5:02 AM delete

wuah, blognya bagus sekali kaka, informatif banget..

Reply
avatar
May 4, 2014 at 5:26 AM delete

Wah.. postingannya keren deh.. izin copas ya.
Trima Kasih

Reply
avatar
May 12, 2014 at 12:36 AM delete

nabi adam aja yg pankat'a nabi . d turunkan dr surga ke bumi kaga bs kembali. sgtu pangkat nabi.
apa lg manusia biasa, masa yg uda di lahirin mao di masukin ke dalam perut lg.

Reply
avatar
Anonymous
January 10, 2015 at 12:07 AM delete

Itu yang komen tentang dosa dan agama mulu, mending gausah pake teknologi aja sekalian. Hahaha

Kalo situ mau nyadar, Tuhan menyuruh manusia untuk menggali ilmu yang ada di seluruh alam semesta, semakin manusia menemukan hal-hal yang ada di alam semesta maka semakin logislah manusia menemui jawaban. Dia adalah kekuatan diluar kemampuan manusia berekspresi. Ketika manusia menemukan hal-hal logis dalam hidupnya, ilmu yang empiris dan didapatkannya, maka eksistensi Tuhan makin memudar. Wajar bila kemudian muncul pendapat "Tuhan telah mati".
Semakin kita melihat dan menemukan apa yang ada diatas, maka kita semakin melihat Tuhan -namun bukan Tuhan secara agama, tetapi secara kognitif manusia- dan kita melihat bahwa Tuhan adalah manusia itu sendiri.

Apa ada yang keberatan?

Reply
avatar
January 18, 2015 at 4:38 AM delete

Wah, infonya bagus banget gan. Dulu ane pernah denger emang ada fisikawan yang lagi ngembangin mesin waktu. Ternyata emang lagi dikerjain dan masih dikerjain sampe sekarang. Ckckck

Reply
avatar
January 29, 2015 at 1:09 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
March 13, 2015 at 2:04 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
May 26, 2015 at 7:48 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
June 29, 2015 at 11:35 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anonymous
August 31, 2015 at 10:43 PM delete

setuju sekali Bunda

Reply
avatar
July 19, 2016 at 10:14 AM delete

salam...
saya time traveling dr 2004.

membaca artikel ini menjadi tersenyum sendiri jadinya.

semangat selalu tuk anak bangsa.
salam.

Reply
avatar
July 27, 2016 at 4:39 AM delete

SO TAU Banget Lu BEGO ,, Hanya Tuhan Yang TAU ! Kapan Dunia akan Hancur !

Reply
avatar
July 8, 2017 at 11:10 AM delete

DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI
PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA
KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA
YG DIBERIKAN 4D 9922 BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMBUHLILLAH
DPT 650.JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN
ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN
ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU AKI WARSONO
JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA
HUBUNGI LANSUNG AKI. DI NOMOR INI [[[ 085 256 885 841 ]]] ATAU KLIK DI SINI SAYA
SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMI KEYAKINAN ANDA tanpa meminta imbalan apa pun. Ada Beberapa Jenis Pesugihan Yang Bisa Aki Berikan Sebagai Berikut;
* Pesugihan Uang Gaib
* Pesugihan Dana Gaib
* Pesugihan Dana Hibah
* Pesuggihan Bank Gaib
* Pesugihan Atm Gaib
* Pesugihan Uang Balik
* Pesugihan Uang Asma
* Pesugihan Tuyul
* Pesugihan Nikah Jin
* Pesugihan Jual Janin
* Pesugihan Togel Dll..
kalau Ada Salah Satu Pesugihan Terbukti Nyata Bapak Haji Yang Anda Hubungi aki Di Nomor Hp ; whatsapp.com 085 256 885 841 DisiniII SEMOGA ANDA BISA SEPERTI SAYA SEKELUARGA

Reply
avatar