Kapal terbesar di Dunia (Bagian 2)

"Knock Nevis", kapal yang satu ini memang luar biasa. Dibuat sebagai supertanker berukuran terbesar yang pernah dibuat manusia, pernah rusak berat karena perang dan kemudian "hidup" lagi. Tidak hanya supertanker-supertanker, juga kapal kargo raksasa lainnya memiliki mesin-mesin diesel dengan ukuran dan kemampuan raksasa pula untuk membuatnya mampu mengarungi samudera.



4. Supertanker Knock Nevis/ Jahre Viking - Kapal Besar dengan Sebuah cerita Besar




Inilah raja dari segala supertanker, dan mungkin jika dilihat dari dimensinya merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat (lihat juga supertanker kompetitor lainnya di bagian 1). Yang jelas untuk yang masih beroperasi, memang kapal inilah yang terbesar. Cerita perjalanan karirnya-pun cukup menarik.

Pertama-tama kapal ini punya banyak nama sebutan:
- "Seawise Giant"
- "Porthos"
- "Happy Giant"
- "Jahre Viking"
- "Knock Nevis"

Dibuat di Jepang tahun 1979 atas pesanan tokoh terkemuka perkapalan Yunani, yang kemudian bangkrut, dan menjual kapal raksasa ini ke penguasa Hong Kong, yang kemudian bahkan menambah panjangnya. Tahun 1981 adalah tahun kelahiran kapal ini, kapal terbesar diantara kapal-kapal lainnya.

Sebagai gambaran, lihat perbandingan skalanya dengan menara Eiffel dan Empire State Building:


Awalnya dioperasikan antara Timur Tengah dan USA tapi kira-kira sejak 1986 kapal ini digunakan sebagai gudang penyimpanan terapung dan terminal antar kargo di Iran selama perang Iran-Irak. Pada bulan Mei 1988, kapal ini diserang dan rusak berat oleh bom-bom dari jet-jet Irak ketika parkirdi terminal Iranian Hormuz di selat Hormuz. Lihat gambar-gambar kebakaran dan kerusakannya di sini. Rusak berat dan tenggelam di perairan dangkal di situ.

Tapi ceritanya tidak berakhir disitu saja. Sebuah mukjizat membuat kapal ini mendapatkan kehidupan keduanya dengan diperbaiki secara total. "The Sea Wise Giant" ini dibeli oleh oleh perusahaan asal Norwegia, dan ditarik ke galangan kapal Keppel, Singapura. Setelah diperbaiki lagi kapal ini diluncurkan lagi tahun 1991 dan sebutannya berubah awalnya menjadi "Happy Giant" dan akhirnya "TT Jahre Viking". Di bawah ini foto saat perbaikannya.



Di bulan Maret 2004, kapal ini dijual lagi dan dikirim ke pemilik barunya di Dubai untuk difungsikan sebagai gudang penyimpanan terapung dan offloading unit (FSO). Di sanalah namanya berubah lagi menjadi "Knoc Nevis". Foto-foto di bawah ini adalah saat merapat di dermaga - pelayaran terakhir dari kapal raksasa legendaris ini.




Jeroan Sang Raksasa

Perhatikan mesinnya yang merupakan mesin diesel terbesar di dunia; suatu pencapaian luar biasa teknologi manusia yang dibutuhkan untuk mentenagai kapal-kapal raksasa seperti Knock Nevis, atau Emma Maersk.



5. Kapal-kapal Kontainer Raksasa

Mari kita lihat dulu apa yang bikin kapal-kapal kontainer raksasa itu keliatan gendut. Mesin-mesin kapal raksasa adalah mesin-mesin diesel yang ukuran dan tenaga yang disemburkannya sangat luarbiasa.


Mesin seri Wärtsilä-Sulzer RTA96-C (turbocharged diesel engine):
-Memiliki 14 silinder
-Output Power 80.080 kW atau 108.920 bhp.
-memiliki dimensi selebar 26,7 meter dan tinggi 13,2 meter (kira-kira segede bangunan apartemen kecil)


Saat ini pabriknya mempertimbangkan versi dengan 18-silinder. Perhatikan ukuran piston-pistonnya ini:




Versi-versi yang lebih kecil dari mesin-mesin ini dipasang pada berbagai supertanker dan kapal-kapal kargo raksasa sebelumnya:




Belum lama, pada September 2006, mesin diesel raksasa 14 silinder dipasang pada "Emma Maersk"

Inilah "EMMA MAERSK" - Kapal Kontainer Terbesar di Dunia





Kontainer yang Sedikit Lebih Kecil:




Bagikan/share artikel ini:

Related Posts

Previous
Next Post »

47 komentar

Write komentar
March 26, 2009 at 6:11 AM delete

kalau saya tidaj salah Indonesia (Pertamina) pernah memiliki 2 kapal super tanker jenis VLCC, namun sudah dijual

Reply
avatar
March 26, 2009 at 6:23 AM delete

memang keunggulan dunia maritim niaga bagi negara-negara di dunia tidak lepas dari sarana angkut yang besar, banyak, berteknologi tinggi. Indonesia (Pertamina) pernah mimiliki 2 kapal super tanker yang sering berada di Kaltim sekitar 7 tahun lalu. Namun saat ini kapal tersebut telah dijual ke perusahaan asing. Sungguh ironis, sebagai salah satu negara pengekspor minyak yang seyogyanya harus memiliki banyak armada angkut, ternyata kita tidak lagi memilikinya. Padahal kita membeli kapal tersebut dengan harga trilyunan rupiah. Sekarang kita terpaksa menyewa dari negara lain dengan biaya yang besar. Namun sekarang terpulang kepada kita sendiri. Dengan Kepres NO. 5/2005 tentang pemberdayaan pelayaran nasional, dan Undang Undang Pelayaran tahun 2008, hendaknya kita sudah bisa kembali berusaha memiliki kapal-kapal super tanker/cargo seperti itu. JALASVEVA JAYA MAHE

Reply
avatar
May 29, 2009 at 12:39 AM delete

emang Indonesia negara yang sangat aneh. Dari 5 negara terbesar di dunia, cuma Indonesia yang kurang menunjukkan tajinya.

Terlalu banyak manusia atau mental manusianya yang tidak berkembang, entahlah?

Reply
avatar
November 5, 2009 at 7:51 AM delete

aq percaya kepada indonesia,,bahwa indonesia juga bisa memiliki kapal kapal super tanker lagi..

yang lalu biarlah berlalu.........

Reply
avatar
Anonymous
January 20, 2010 at 6:14 AM delete

gw mah ga yakin indonesia punya kapal supertanker

Reply
avatar
Anonymous
April 2, 2010 at 4:02 AM delete

kapal tanker mah, murah pisan... yang super tanker waduh udah kebeli dari dulu... deh ama babe kita, tuh freeport... jual setahun aja bisa beli dua super tanker terbesar... kalo gak masuk kantong pejabat??????!!!!!!!

Reply
avatar
sipentilpentil
July 30, 2010 at 9:41 AM delete

terlalu sedih jika dikenang,emang saya yang lahir di,bpn dulu lihat sendiri.terlalu indah dilupakan.
yah!udah dilipat jadi kertas,karena terlalu gede,
he,,he,,he,,he!

Reply
avatar
January 18, 2011 at 3:12 AM delete

indonesia bisa bikin ndak ya???

Reply
avatar
March 8, 2011 at 7:31 PM delete

Indonesia bisa...Semuanya dapat terwujud asal ada yang donatur-in...indonesia gitu loh,,

Reply
avatar
Anonymous
November 6, 2011 at 5:00 AM delete

TERIMA KASIH INFONYA PAK ADMIN

Semoga ini Membantu Saya dlm Perkuliahan

saya ambil jurusan NAVAL ARCHITECTURE & MARINE ENGINERING
Univeritas Diponegoro, Semarang

Reply
avatar
Anonymous
November 8, 2011 at 10:56 PM delete

we6343lruy7l hlotyo hru fu5rt8ur rwet4e y5t8u xzt

Reply
avatar
Anonymous
January 16, 2013 at 9:45 AM delete

kapan ea quw bs bw kapal segede itu?????
pengalaman quw cm pernah bw mesin merk SULZER dng PK cm 14.000

Reply
avatar
January 16, 2013 at 6:55 PM delete

BANGSAKU, ADALAH BANGSA YANG BERMARTABAT... PERJUANGAN MEREBUT KEMERDEKAAN DARI PARA PENJAJAH NEGRI, BUKANLAH HAL YANG MUDAH, TIDAK SEMUDAH MEMBALIK TELAPAK TANGAN, HARTA BENDA, KELUARGA, DIKORBANKAN DEMI MEREBUT KEMERDEKAAN. ITULAH YANG DILAKUKAN PARA PEJUANG TANAH AIR YANG AKU CINTAI... TAPI LIHATLAH APA YANG TERJADI SEKARANG... WAHAI ARWAH PARA PEJUANG... TURUNLAH KE BUMI PERTIWI,, LIHATLAH APA YANG TELAH DILAKUKAN ANAK-CUCUMU SEKARANG INI.. TURUNLAH.. WAHAI ARWAH ARWAH PARA PEJUANG IBU PERTIWI... AKU SUDAH TIDAK SANGGUP LAGI UNTUK MEMANDANG IBU PERTIWI.. YANG SAAT INI SEDANG SEKARAT.... INI LAH ULAH ANAK CUCUMU.. YANG SEKARANG... ASYIK MENCARI JABATAN, HARTA DAN KEKAYAAN BUMI PERTIWIPUN SANGGUP IA GADAIKAN,, SIBUK DENGAN KURSI KEKUASAAN, WAHAI.. ARWAH PARA PEJUANG... NEGRI YANG ENGKAU TINGGALKAN INI.. SANGAT KAYA - RAYA .. TAPI SAYANG ANAK CUCUMU HIDUP MENDERITA,, KARENA ULAH PARA KORUPTOR.. HAMPIR SELURUH KEKAYAAN IBU PERTIWI SUDAH TIDAK DIKUASAI LAGI OLEH ANAK NEGRI,, TAPI DIKERUK OLEH ANAK LUAR NEGRI... WAHAI ARWAH PARA PEJUANG ... TIDAKKAH ENGKAU MERINTIH MELIHAT IBU PERTIWI YANG SEKARAT INI... MORAL YANG BEJAT,, KEMAKMURAN RAKYAT HANYA DIMULUT SAJA... MENJELANG MEREKA MEMPEROLEH SUARA... TAPI RAKYAT JUGA MANUSIA YANG HIDUP MENDERITA,, TAKSANGGUB MENOLAK KETIKA DI KASI RUPIAH,,, ASAL MAU PILIH SAYA.... WAHAI ARWAH PARA PEJUANG... MUNGKINKAN SUATU SAAT NANTI AKAN HADIR.. SEORANG PEMIMPIN YANG AKAN MEMBERESKAN KEKACAUAN INI... YANG SANGGUP MERATAKAN PARA KORUPTO,TIDAK LAGI MENINDAS BANGSA SENDIRI,,,BERPIHAK KEPADA RAKYAT BUKAN PADA KONGLOMERAT YANG HANYA MENJERAT. WAHAI IBU PERTIWI BANGKITLAH.... SAMPAI KAPAN ENGKAU AKAN BEGINI TERUS... BENAMKANLAH PARA PENJAJAH NEGRI INI.. AKU KIRA NEGRIKU SUDAH MERDEKA... TERNYATA SAMPAI SAAT INI IBU PERTIWI BELUM MERDEKA... HARUS BERJUANG MELAWAN BANGSA SENDIRI.. YANG SALING TINDAS-MENINDAS,,

Reply
avatar
January 16, 2013 at 7:26 PM delete

sebenarnya negri kita ini sangat kaya raya, kita sanggup membeli apa saja yang kita inginkan.. jangankan itu, 2 x super tanker jika ada yang sangup membuatnya kita sanggup membelinya..
tapi sayang,, moral , ahlak para pemimpin kita tidak sekaya negrinya... gampang curiga, suka tidak jujur, doyan korupsi,, biasa menindas bangsa sendiri, suka membodohi rakyat,,, bangsa Indonesia banyak yang pintar dan cerdas,, tapi sayang kebanyakan mereka berada di luar negri,, enggan untuk pulang membangun negri,, karena itu tadi,, tidak sejalan dengan kemauan para penguasa,,,, korupsi kolusi masih subur di dalam negri,, rata-rata orang indonesia yang kaya raya di negri orang adalah para pengusaha, pemegang hak paten, dsb..

Reply
avatar
September 6, 2013 at 9:31 PM delete

terimakasih banyak atas infonya gan tentang kapal terbesarnya selamat siang

Reply
avatar
September 26, 2013 at 7:58 PM delete

Yang ada malah tanganya yang kapalan hahahh,,,

Reply
avatar
December 15, 2013 at 9:01 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 28, 2013 at 6:11 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
March 12, 2014 at 8:18 PM delete

Luar biasa kapal Tanger yang membawa muatan banyak milik Negara Tetanga. seharusnya kita malu sebagai bangsa indonesa masa kita kalah tidak bisa membuat kapal seperti negara tetangga. lantas buat apa orang2 kita yang belajar di negara tetangga dan memiliki gelar dari luar. coba semua para teknisi dan ilmua kita di kumpulkan dan disatukan untuk menciptakan kapal Tengker / kargo versi Indonesia pastinya kita sebagai bangsa insdonesia juga banga dengan lahirnya kapal Kargo yang dinamakan GARUDA INDONESIA

Reply
avatar
August 15, 2014 at 2:48 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
September 11, 2014 at 3:16 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 7, 2015 at 6:40 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 12, 2015 at 8:17 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 13, 2015 at 11:21 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 13, 2015 at 11:22 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 16, 2015 at 8:04 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
March 13, 2015 at 2:02 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
May 26, 2015 at 7:48 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anonymous
June 22, 2015 at 12:21 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
June 29, 2015 at 11:24 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 16, 2015 at 8:32 AM delete

SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

Reply
avatar
January 10, 2016 at 7:18 AM delete

Kalo aja pejabat2 indonesia jujur smua,, pasti ada jalan untuk ngebuat kapal supertanker raksasa kya di gambar di atas

Reply
avatar
August 11, 2016 at 8:51 AM delete

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

Reply
avatar
August 30, 2017 at 5:05 AM delete

Dengan Hormat,
Kami dari PT.Multi Prima Mandiri Perkasa, adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepada kepabean (PPJK). Baik via laut maupun via udara yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance, Borongan (All in) Door To Door Undername Import - Expor, Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional.

I. Jasa Customs Clearance
Adapun kegiatan / layanan utama kami saat ini adalah sebagai berikut :

- Under Name Export & Import Udara
- Under Name Export & Import Laut FCL/ LCL
- Customs Clearance kedua Laut dan kargo Udara ( Ex-Lisensi)
- Transportasi Laut FCL/ LCL
- Import Borongan (all in)
- Angkutan Darat ( Inland truk, Kereta Api)
- Cargo pengawasan
- Pergudangan dan penyimpanan
- Penyelesaian biaya / tagihan asuransi, biaya angkutan ( Darat, Laut, Udara) dan lainnya yang berhubungan dengan Export & Import.

II. Jasa Undername
Agar dapat terlaksananya kegiatan importasi diperusahaan Bapak/Ibu yang belum memiliki Lisensi Import
Jika Perusahaan Bapak/Ibu belum mempunyai IZIN IMPORT (API, NIK atau izin lainnya) dapat menggunakan Undername Perusahaan kami sebagai Consignee.

Fasilitas Undername yang kami sedia:
- N P W P
- A P I-U
- S R P/N I K
- N P I K
- IT Elektronik
- IT SPI-BESI/BAJA

III. BAG HS CODE ( LEGALITAS IMPORT UNDERNAME )
- BAG IV ( HS NO. 1601 s/d 2403 ) Bahan Makanan & Minuman
- BAG V ( HS NO. 2501 s/d 2716 ) Produk Mineral
- BAG VI ( HS NO. 2801 s/d 3826 ) Bahan Kimia ( Chemical )
- BAG VII ( HS NO. 3901 s/d 4017 ) Plastik & Barang dari Plastik
- BAG X ( HS NO. 4701 s/d 4911 ) Kayu mekanik
- BAG XI ( HS NO. 5001 s/d 6310 ) Textile & Barang Textile
- BAG XII ( HS NO. 6401 s/d 6704 ) Karet atau plastik
- BAG XIII ( HS NO. 6801 s/d 7020 ) Batu & Produk Keramik
- BAG XIV ( HS NO. 7101 s/d 7118 ) Logam mulia ( Besi & Baja )
- BAG XV ( HS NO. 7201 s/d 8311) Besi dan besi cermin
- BAG XVI ( HS NO. 8401 s/d 8548 ) Mesin & Peralatan Mekanis
- BAG XVII ( HS NO. 8601 s/d 8908 ) Kendaraan & Perlengkapannya
- BAG XVIII ( HS NO. 9001 s/d 9209 ) Lensa dan cermin
- BAG XXI ( HS NO. 9701 s/d 9803 ) Seni & Kolektor
- BAG XX ( HS NO. 9401 s/d 9619 ) Hasil Pabrik

III. Jasa Transportasion
PT.Multi Prima Mandiri Perkasa ,melayani pengiriman/distribusi barang domestics ke-seluruh Nusantara
Covarage Area Distribusi Domestics PT. Multi Prima Mandiri Perkasa, adalah:
Jakarta- Jawa -Bali - Sumatera- Kalimantan-
Via Darat, Laut, Udara, dan kami juga mempunyai cabang di beberapa daerah.

Catatan :
- Jasa yang kami ajukan sudah termasuk biaya Transfer EDI (PIB) dan Pemeriksaan Jalur Merah.
- Bila barang tidak sesuai dengan pemberitahuan/ Packing list diluar tanggung jawab kami.

Adapun daerah operasional Kami sebagai berikut:
- Bandara Internasional Soekarno-Hatta
- Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )
- Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
- Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
- Pelabuhan Belawan ( Medan )

Demikian penawaran ini kami sampaikan, Besar harapan kami semoga penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

RIAN MPM
staff bag Import

PT. MULTI PRIMA MANDIRI PERKASA
Jl. Raya Otista No 141 Jakarta Timur 1333o Indonesia
Phone : 021 - 8591 8605
Fex : 021 - 8591 8605
Mobile/ WA : 0813 1415 2498
Email : riandazulfa66@gmail.com

Reply
avatar
October 29, 2017 at 12:58 PM delete

INGIN MENCARI BANDAR ONLINE YANG TERPRCAYA
BURUAN JOIN BERSAMA www.JuraganQQ.net
RASAKAN SENSASI SELAMA BERMAIN DISINI
DAPATKAN BONUS YANG SANGAT EXTRA
- BONUS ROLINGAN TERBESAR
- BONUS REFFERALL TERBANYAK
DENGAN Min DEPOSIT Rp.20.000,-

BBM: 33449B3B / D8ED72FC
LINE: juraganqq_official
WA: +6282211767486

CeritaSex: http://zoyasex.blogspot.com/2017/10/mendapatkan-kepuasan-dari-guru-cantikku.html

Reply
avatar
November 14, 2017 at 11:12 PM delete

http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/usai-diarak-telanjang-ini-yang-terjadi.html
http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/kronologi-pembunuhan-pria-dalam-karung.html
http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/25-orang-terluka-akibat-insiden.html


Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
- Skype : Vip_Domino
- WHATSAPP : +62813-2938-6562
- LINE : DOMINO1945.COM
- No Hp : +855-8173-4523

Reply
avatar
October 9, 2019 at 10:14 PM delete

Beasr sekali ya gan itumah bisa muar berapa ribu ton kontainer ya , mungkin di indoneisa kita mengenal kapakl kecil yaitu jual kapal lct yang sangt memudahkan pengantaran barang antar pulau

Reply
avatar
December 29, 2019 at 10:53 AM delete

Nikmati Promo Meriah Dari Agen Judi Online Bolavita ! Anda bisa memainkan semua jenis permainan yang tersedia di situs kami dan menikmati semua bonusnya !

Tersedia berbagai jenis judi online lengkap seperti :
• Judi Bola / Sport (SBOBET | 368BET/NOVA88 | MAXBET/CBET)
• Judi Sabung Ayam Live (S128 / SV388)
• Judi Casino Live (SBOBET | WMCASINO | JOKER123 | PLAY1628 | GD88)
• Judi Slot (VIVOSLOT | PLAY1628 | JOKER123 | SBO SLOT)
• Virtual Games
• Togel SGP | HK | KL
• Dan masih banyak lainnya.

Tersedia Promo-Promo meriah yang sangat besar, Kunjungi saja link dibawah ini:

» http://159.89.197.59/promo-terbaru/
» http://159.89.197.59/promosi-tantangan-menang-8x-berturut-turut-live-casino-sexybaccarat-bolavita/
» http://159.89.197.59/bonus-flash-deposit-spesial-hari-jumat-happy-friday/
» http://159.89.197.59/promo-bonus-natal-tahun-baru-bolavita-2019-20/
» http://159.89.197.59/promo-bonus-angpao-imlek-2020/
» http://159.89.197.59/promo-cashback-deposit-dana-dan-linkaja-sebesar-10/

Untuk mendapatkannya cukup mudah Sekali ! Kunjungi salah satu link diatas ... Daftar dan bermain !

Untuk informasi selengkapnya bisa hubungi cs kami :
WA : +62812-2222-995
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
Line : cs_bolavita

Reply
avatar
June 19, 2021 at 5:56 AM delete

DAPATKAN BONUS 10% MEMBER BARU SPOTSBOOK (MAXBET, SBOBET, 368BET)

BOLAVITA merupakan bandar casino online terbesar di indonesia.maka itu jangan ragu lagi untuk daftar di BOLAVITA kami menyediakan berbagai macam permainan yang bisa dimainkan dan juga sangat lengkap, berikut:
• Bola Tangkas (Tangkasnet, Tangkas88 dan Tangkas1)
• Casino Online (WM Casino, Green Dragon dan SBOBET Casino)
• Sabung Ayam (S128, SV388 dan Kungfu Chicken)
• Taruhan Bola (SBOBET, MAXBET/ICB Bet dan 368 Bet)
• Togel Online (KLIK4D dan ISIN4D)
• Games Virtual / Slot Games (Joker dan Play1628)

BOLAVITA menyediakan salah satu bonus yang menguntungkan untuk member baru yaa..
Dengan minimal deposit Rp 200.000
Extra Credt 10% langsung dimasukkan ke dalam akun, apabila sudah melakukan deposit pertama kali
Withdraw dapat dilakukan apabila sudah mencapai TO sebanyak 4x
Jika tidak mencapai TO, Withdraw dapat dilakukan dengan memotong 2x bonus yang dibagikan
BONUS tidak berlaku jika terdapat persamaan IP Addres, nama, no rekening, no telepon dan email yang sudah terdaftar.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :
WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
INSTAGRAM : @bola.vita
FACEBOOK : @bolavita.ofc
TWITTER : @BVgaming_net
LINE : @CS_bolavita

#bolavita #memberbaru #BonusMenarik #BonusNewMember #sportsbook #sbobet #maxbet #JudiOnlinerTerpercaya #agenjuditerbaik #situsterpercaya #bandarterbesar #agenjuditerbesar #bandarterpercaya #bola #casino



Reply
avatar
August 25, 2021 at 6:46 AM delete

BONUS NEW MEMBER DEPOSIT 15%

ZEUSBOLA MEMBERIKAN PROMO BONUS NEW MEMBER DEPOSIT 15% UNTUK SELURUH GAME YANG TERSEDIA DI ZEUSBOLA (SPORTS,LIVE CASINO, SLOTS,IDNLIVE)

Dengan minimal deposit 100.000 dan maksimal bonus yang didapatkan 1.000.0000

AYO BURUAN BERGABUNG MENJADI MEMBER ZEUSBOLA
WhatsApp :082277104607

#ZEUSBOLATERBAIK

Reply
avatar