Hewan-hewan Transparan yang Menakjubkan

Alam memang menakjubkan, terkadang aneh dan tidak terduga-duga mengejutkan kita. Beberapa makhluk hidup menggunakan teknik kamuflase sebagai mekanisme berburu dan bertahan, sedangkan yang lainnya memperlihatkan segala yang mereka miliki - seperti hewan-hewan transparan ini.






1. Katak Transparan


Pernah liat "katak kaca" di atas? Asalnya dari hutan tropis Venezuela. Organ-organ dalam dan telur katak gelas ini dapat dilihat dengan mudah.

2. Udang Karang Transparan
Dasar goa merupakan salah satu lokasi tergelap di planet bumi - bahkan sumber cahaya yang bagus pun tidak berarti apa-apa di sini. Dalam kondisi inilah makhluk-makhluk seperti ikan, laba-laba, serangga, dan udang karang mentransformasikan dirinya menjadi transparan. Dalam kondisi tertentu mereka tidak butuh mata atau pigmentasi.

3. Timun Laut Transaparan
Timun laut (sea cucumber), makhluk turunan jaman purba ini bergerak dengan lambat, tubuhnya lunak menghuni di air dalam, berevolusi dalam rangka bertahan hidup dan berkembang biak. Bagi beberapa timun laut, menjadi transparan akan membuat mereka tidak terlihat bagi predatornya.

4. Ikan Es (Icefish) Transparan
Ditemukan di perairan dingin dekat Antartika dan Amerika Selatan bagian selatan, ikan es buaya (Channichthyidae) ini memangsa udang-udang kecil, copepods, dan ikan-ikan lainnya. Darah mereka transparan disebabkan mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya sel darah merah yang tidak berfungsi. Metabolisme bergantung hanya pada oksigen yang terlarut dalam darah, yang dipercaya diserap langsung melalui kulit dari air. Hal ini terjadi karena air dapat melarutkan paling banyak oksigen di suhu terdinginnya.

5. Amphipod Transparan
Dinamakan Phronima, hewan unik ini merupakan satu dari banyak spesies aneh yang belakangan ditemukan dalam sebuah ekspedisi di gunung bawah laut di Atlantik Utara. Dalam suatu strategi yang ironik untuk bertahan hidup, makhluk mirip udang ini memperlihatkan semua yang dimilikinya, luar dalam, dengan maksud menyembunyikan sosoknya.

6. Cumi Transparan
Ditemukan di lautan belahan bumi bagian selatan, udang kaca (Teuthowenia pellucida) memiliki organ
lampu di matanya dan bisa menggulung menjadi sebuah bola, mirip seekor landak laut.

7. Siponopora (Siphonophores)

Siphonophores masuk ke dalam Cnidaria, kelompok hewan yang termasuk di dalamnya koral (karang), hydroid, dan ubur-ubur. Marrus orthocanna, jenis sphonophores di kedalaman laut. Kombinasi sstem pencernaan dan peredaran darahnya berwarna merah; sedangkan lainnya transparan.

8. Si Kepala Ramping



Leptocephalus (yang berarti "kepala ramping") adalah larva transparan dan pipih dari belut laut, dan salah satu anggota dari Elopomorpha superorder. Ini adalah kelompok teleosts yang paling beragam, mengandung 801 spesies, 24orde, 24 family, dan 156 genera. Ikan-ikan yang memiliki tahap larva leptocephalus antara lain adalah Conger, belut moray, belut taman, dan belut air tawar dari family Anguillidae. Semua Leptocephali (leptocephalus tunggal) memiliki tubuh yang rata yang mengandung zat transparan seperti jellyt di dalam tubuh dan lapisan tipis otot dengan myomeres terlihat dari luar. Organ tubuh mereka kecil dan mereka hanya memiliki tabung sederhana untuk usus. Kombinasi fitur-fitur ini mengakibatkan mereka menjadi sangat transparan ketika mereka hidup. Mereka juga kekurangan sel darah merah sampai mereka mulai bermetamorfosis menjadi tahap belut kaca (glass eel) remaja ketika mereka mulai terlihat seperti belut.

Bagikan/share artikel ini:

Related Posts

Previous
Next Post »

21 komentar

Write komentar
January 18, 2011 at 5:15 AM delete

lihat juga info-info dan penemuan terbaru di dunia biologi hanya di http://biologi-news.blogspot.com/

Reply
avatar
March 5, 2011 at 7:17 AM delete

http://www.nur-illahi-nur-illahi.blogspot.com/

kunjungi blog saya .. insyallah bermanfaat. trima kasihh

Reply
avatar
May 3, 2011 at 2:57 AM delete

http://thexranx.blogspot.com/
kunjungi blog saya please follow

Reply
avatar
October 2, 2012 at 10:49 AM delete

Blog yg sangat bermanfaat dan aku tunggu artikel update lainnya salam hormat dari kami pengrajin jaket broockleather

Reply
avatar
December 3, 2012 at 10:07 PM delete

aneh tpi nyata ada nya,bagus2 info nya.
jagan lupa kunjungi blok saya
barang antik pria wanita..terimakasih ya?

Reply
avatar
February 20, 2014 at 6:39 PM delete

kunjungan pagi, sebelum berangkat ngantor.. nice post, gan. menarik minat untuk dibaca, bagus banget.

Reply
avatar
August 9, 2014 at 6:52 AM delete

selamat beraktivitas. . .mari kita awali aktivitas hari ini dengan menyimak informasi yang aktual di halaman yang sangat luar biasa ini !!!

Reply
avatar
September 6, 2014 at 6:00 AM delete

bagus sekali informasi yg agan berikan sangat menarik dan bermanfaat thanks gan, ijin share berbagi info :)

Reply
avatar
October 21, 2014 at 2:53 AM delete

infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca.

Reply
avatar
December 2, 2014 at 11:35 PM delete

teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

Reply
avatar
December 19, 2014 at 1:21 AM delete

Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih.

Reply
avatar
January 6, 2015 at 5:18 AM delete

selamat datang bulan Januari!! semoga bulan ini membawa berkah dan membukakan pintu kesuksesan serta kebahagiaan untuk kami semua. Amiin, amiiin..

Reply
avatar
January 9, 2015 at 5:13 AM delete

Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih.

Reply
avatar
March 29, 2015 at 10:39 PM delete

Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

Reply
avatar
July 21, 2015 at 2:19 AM delete

Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

Reply
avatar