Masjid Ini (Seperti) Berasal dari Planet Lain

Bangunan ini mirip seperti pesawat luar angkasa dari planet lain, tapi kenyataannya ini terletak di Qatar Education City, dan ternyata pula ini adalah sebuah masjid!



Mirip pesawat aliens dari planet lain



Dua menara yang menjulang ke atas itu mengarah ke Kabah di Mekkah

 Halaman di tengah Masjid dihiasi dengan kaligrafi dan pola-pola geometris. Masjid ini juga memiliki lima pilar yang mewakili lima rukun Islam dan dikelilingi empat aliran kolam air yang mengalir. Keempat aliran itu mewakili empat sungai di surga - anggur, susu, madu dan air.


 Di dalamnya adalah ruang utama untuk shalat bagi kaum pria di bawah dan ruang bagi perempuan di galeri di atas. Masjid unik ini memiliki kapasitas 1.800 orang. Terdapat ayat-ayat Al Qur'an pada bagian tengah langit-langit yang mengarah pada Mihrab - fitur yang biasa ditemukan dalam desain masjid tradisional.

Sebuah fitur unik adalah pencahayaan yang dipancarkan dari lubang-lubang segitiga dengan ukuran yang berbeda. Untuk jamaah, seolah-olah itu membuat mereka berdoa di bawah bintang-bintang!

Mihrab-nya memiliki tekstur emas dan ayat Al-Qur'an yang terjemahannya:
"Palingkanlah wajahmu ke Masjidil Haram, dimanapun kamu (orang beriman) berada, palingkanlah wajahmu ke arahnya (dalam sholat)"  QS 2:144

Foto-foto di atas adalah properti dari Peter Gould, D’mello, Qatar Faculty of Islamic Studies, Qatar Foundation, dan Marhaba Qatar.

by Mimin-ATN@Home



Bagikan/share artikel ini:

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
August 30, 2015 at 10:01 PM delete

Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

Reply
avatar
September 1, 2015 at 5:44 AM delete

wahh...masjid ni benar2 sangat menakjubkan gan..
indah sekali lh masjid ni...
kalo boleh tau siapa ya yang mendirikab masjid ni gan...?

Reply
avatar