Gambar-gambar Terbaik dari Teleskop Hubble

Teleskop ruang angkasa Hubble pertama kali diluncurkan pada tahun 1990. Pernah mengalami kerusakan dengan cermin utamanya, tapi sekarang ini sudah diperbaiki dan mulai mengirimkan lagi gambar-gambar yang menakjubkan dan detil dari luar angkasa. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang terbaik.





Sinarnya hingga mencapai antar bintang di penjuru luar angkasa, Nebula (kumpulan bintang) Cat's Eye ( Nebula Mata Kucing) menempati titik pada jarak 3000 tahun cahaya dari bumi. Salah satu nebula keplanetan yang paling dikenal, NGC 6543 beurukuran lebih dari setengah tahun cahaya dan sedang menunjukkan fase terakhir yang singkat juga luar biasa dari hidup bintang yang mirip matahari



Mungkin mirip dengan seekor kuda laut, tapi objek gelap ini sebenarnya adalah kabut debu yang panjangnya mencapai 20 tahun cahaya. Struktur ini terjadi pada tetangga kita Large Magellanic Cloud, dalam lingkungan pembentukan bintang dekat Nebula Tarantula



MyCn18: sebuah Nebula jam gelas. Jalannya waktu akan habis untuk pusat bintang dari nebula keplanetan berbentuk jam gelas ini. Dengan dilepaskannya bahan bakar nuklir, fase terakhir dari hidup bintang yang mirip matahari ini terjadi ketika lapisan-lapisan luarnya dilepaskan - intinya menjadi bentuk kerdil berwarna putih pudar yang dingin.



Galaksi M104 berbentuk spiral ini dikenal karena profilnya yang unik. Terlihat sebagai siluet karena sinar terang bintang-bintang, jalur-jalur debu kosmiknya membuatnya seperti sebuah topi.



Pada tahun 1787, astronomer William Herschel menemukan Nebula Eskimo, NGC 2392, yang menyerupai kepala seorang yang dilingkupi oleh sebuah kudung jaket tebal yang biasa dipakai orang Eskimo.



Sepasang mata yang berkilauan ini adalah inti-inti yang berputar dari dua galaksi yang bergabung yaitu NGC 2207 dan IC 2163 pada Canis Major. Miliaran tahun dari sekarang, hanya satu dari dua galaksi ini yang tersisa. Sampai kemudian, keduanya dengan perlahan akan saling menarik untuk berpisah.



Ini adalah Nebula Cone di dalam galaksi yang terang di area pembentukan-bintang NGC 2264.



Bayangan dari Nebula NGC 1999. Nebula bayangan tidak memancarkan cahayanya sendiri. Mereka bersinar karena suatu sumber cahaya di dalamnya, seperti sebuah lampu jalan yang menyinari kabut. Bintang muda yang terang di pusat sebelah kirinya lah yang menerangi NGC 1999.



Gambar yang satu ini kadang-kadang diberi nama "Starry Night", berdasarkan sebuah lukisan dari Vincent Van Gogh. Untuk alasan yang tidak jelas, permukaan luar dari bintang V838 Mon tiba-tiba saja membesar dan membuanya menjadi bintang paling terang di seluruh Galaksi Bimasakti pada Januari 2002. Lalu tiba-tiba juga menjadi memudar.



Nebula keplanetan Mz3: The Ant Nebula. Mengeluarkan gas yang mengalir jauh pada kecepatan 1000 kilometer per detik menciptakan bentuk semut yang aneh.



Nebula Orion, M42, "hanya" berjarak 1500 tahun cahaya. Nebula ini bisa menjadi peluang terbaik untuk mempelajari bagaimana bintang-bintang dilahirkan karena tidak hanya merupakan area pembentukan-bintang yang terdekat, tapi juga bintang-bintang energetic dari nebula tersebut turut melenyapkan awan-awan debu yang mengaburkannya.



Sebuah gas raksasa dan pilar debu di Nebula Trifid, dijelaskan dengan sebuah pilar kecil menunjuk ke atas dan sebuah jet aneh mengarah ke kiri.



Seperti sebuah nebula persegi, IC 4406 mungkin serupa dengan sebuah silinder berlubang, dengan tampilan perseginya yang disebabkan melihatnya dari samping.



M74: Spiral yang Sempurna. Kalaupun tidak bisa dibilang sempurna, galaksi spiral ini setidaknya merupakan satu yang paling fotogenik. Sebuah pulau jagat raya dengan 100 miliar bintang-bintang, 32 juta tahun cahaya jaraknya dari rasi bintang Pisces, penampilan M74 ini memang sangat luar biasa.




NGC 2818 adalah sebuah nebula keplanetan yang cantik, payung seperti gas dari sebuah bintang mirip matahari yang sekarat. Sepintas kita dapat membayangkan seperti apa masa depan matahari kita pada 5 miliar tahun lagi.



Ini adalah kekacauan yang disebabkan oleh sebuah bintang yang meledak. Nebula Crab adalah hasil dari sebuah supernova yang terlihat pada 1045 AD. Pada pusat nebulanya ada sebuah pulsar: sebuah bintang neutron mirip matahari tapi hanya berukuran seperti sebuah kota kecil.



Badai yang Sempurna: Dibentuk oleh angin dan radiasi yang kuat, bentuknya fantastis, berombak di dalam ruang perbintangan yang dikenal sbg M17, Nebula Omega, yang berjarak 5500 tahun cahaya dari rasi Sagitarius.



Dua galaksi ini sedang saling menarik satu sama lain. Dikenal dengan sebutan The Mice karena ekor-ekornya yang panjang, mereka mungkin akan terus menerus bertubrukan hingga menjadi bersatu.

Gambar-gambar via: NASA.

Artikel Terkait:
Lebih banyak mana: Jumlah sel pada tubuh manusia atau jumlah bintang dalam galaksi?

Bagikan/share artikel ini:

Related Posts

Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
April 25, 2009 at 6:28 AM delete

waw.....
foto2@ bagus banget......
krmin ke email gw donk.....
gw mau buat koleksi pribadi ne......

boleh kan??????????????????

Reply
avatar
June 6, 2009 at 11:28 PM delete

kmaren gw juga iseng pk google earth yg versi angkasa luarna....
bbrapa dari fotona bsa kliatan tuwh :D..
memank hasil karya Tuhan mank hebad....keren2 :D

Reply
avatar
June 8, 2009 at 10:39 PM delete

Allah maha besar. Jadi benar-benar bodoh jika menyebutkan Tuhan itu tidak ada. Ia SATU dan Tidak ada yang bisa seperti-Nya.

Reply
avatar
June 23, 2009 at 4:56 AM delete

ALLOHUAKBAR.... Sumpah, bagus banget...

Reply
avatar
July 1, 2009 at 5:19 AM delete

Keren mas..klo berkenan...ijin mengunduh dong...nti saya cantumkan sumber dari mas...mkcih

Reply
avatar
July 1, 2009 at 10:50 PM delete

Kirain cuma editan doank, ternyata emang nyata...

Reply
avatar
Dre
July 23, 2009 at 12:47 PM delete

Tuhan Maha Besar. Keren banget.
Ijin copas ya bos...

Reply
avatar
Anonymous
July 25, 2009 at 3:42 AM delete

giling potonya super duper amazing, wah ngliat langit aj indah bgt y ap lg kl ngliat surga, upload lg donk potonya, gw dnger hublle mw d gnti sm teleskop yg baru y gw liat d discovery, dah denger lom lw

Reply
avatar
July 28, 2009 at 5:49 AM delete

subhanallah.....ALLAH IS THE GREAT....ALLAHU AKBAR

Reply
avatar
September 20, 2009 at 9:51 AM delete

Great blog... great pics... Subhanallah

Reply
avatar
Anonymous
October 3, 2009 at 5:51 AM delete

LAA ILAAHA ILLALLAH.... Dia lah yang maha kuasa atas masterpiece ini...

Reply
avatar
Anonymous
October 3, 2009 at 6:23 PM delete

Allahu Akbar....Dialah yang maha kuasa atas segalanya....

Reply
avatar
Anonymous
October 4, 2009 at 3:21 PM delete

ALLAHU AKBAR! wow...!keren banget.....!

Reply
avatar
adi
October 17, 2009 at 10:32 PM delete

Allah................
Engkau lah tuhan ku....

Reply
avatar
October 19, 2009 at 2:40 AM delete

Indahnya ciptaan2 Allah itu.....

Reply
avatar
Anonymous
October 19, 2009 at 6:26 PM delete

Subhanallah...

Reply
avatar
Anonymous
April 24, 2010 at 9:49 AM delete

Subhanallah...Allahu Akbar,,Semua itu terjadi karena kuasa Allah SWT.

Dier Khairan

Reply
avatar
July 16, 2010 at 5:41 PM delete

Yorion...

hmmm..temen2x sekalian ada yang tahu nggak masalah tentang galaksi nebula orion..
(bintang yang bercahaya berwarna biru ..
Subhannallah begitu besar ciptaan allah subhana wata a'la. ingin sekali merasakan terb ang keluar angkasa dan melihat venomena luar angkasa..

Reply
avatar
September 2, 2013 at 8:53 PM delete

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
Hubungi info lengkap: www.fastpaynasional.com
Hp:081335640101

Reply
avatar
June 18, 2014 at 2:02 AM delete

subhanallah.. sangat indah dan menakjubkan sekali brader... ternyata banyak juga kejadian-kejadian luar biasa disana yang kita tidak ketahui...

Reply
avatar
December 10, 2015 at 5:09 AM delete

Allahu akbar. Tp buat apa ya, Allah nyipta'in luar angkasa kl gx bs ditempati? kan mubazir.

Reply
avatar
February 24, 2017 at 1:49 AM delete

Foto-foto ini nyata ada diruang angkasa, menandahkan kerdilnya manusia yang merasa paling benar untuk segalanya di bumi ini

Reply
avatar